get app
inews
Aa Read Next : Gak Lulus SD dan Tak Bisa Baca Tulis, Sanawi Penjual Eskrim Kini Jadi Miliarder, Ini Kisahnya!

5 Konglomerat Kaya Raya Dunia Pilih Hidup Sederhana, No 4 Bos Rokok Indonesia

Rabu, 02 November 2022 | 17:03 WIB
header img
Konglomerat dunia pilih hidup sederhana. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Ada 5 konglomerat kaya raya dunia yang pilih hidup sederhana. Meski hidup bergelimang harta, mereka tetap hidup merakyat dan sederhana. Mulai dari prinsip hidup, hingga ada juga yang menilai bahwa uang bukanlah segalanya dan lebih memilih untuk banyak melakukan amal.

Berikut 5 konglomerat kaya raya dunia yang pilih hidup sederhana:

1. Bill Gates
Konglomerat kaya raya pilih hidup sederhana pertama ada Bill Gates. Orang terkaya keempat di dunia dengan kekayaan mencapai 102,40 miliar dolar AS atau setara Rp1.591 triliun. Gates juga pernah menempati posisi pertama orang terkaya di dunia sejak 1995 dan 2010, kemudian pada 2013 hingga 2017. Gates bukanlah orang kaya yang suka foya-foya, ia kerap berpakaian sederhana dan tidak suka menghabiskan uangnya untuk perhiasan atau pakaian. Tak hanya itu, Gates bersama istrinya mendirikan yayasan amal, Bill and Melinda Gates Foundation untuk menyisihkan sejumlah hatanya untuk berbagi pada sesama.

2. Jack Ma
Konglomerat kaya raya pilih hidup sederhana kedua ada Jack Ma. Pengusaha sukses pendiri e-commerce nomor satu di China, Alibaba yang memiliki harta kekayaan mencapai 22,8 miliar dolar AS atau setara dengan Rp354,24 tirliun.

Ia sempat ditolak puluhan kali saat melamar pekerjaan ini berasal dari keluarga sederhana. Dengan begitu, ketika dia sudah memiliki banyak uang, gaya hidupnya tak banyak berubah. Dia juga lebih suka makan mi instan di kantornya dibanding makan di restoran.

Dikutip dari goodyfeed, makanan kesukaannya adalah mi instan merek Maggi Mee, yang harganya murah. Salah satu karyawannya sempat mengabadikan fotonya ketika sedang makan mi tersebut.

3. Warren Buffett
Konglomerat kaya raya pilih hidup sederhana ketiga ada Warren Buffett. merupakan CEO Berkshire Hathaway. Ia dinobatkan Forbes sebagai salah orang terkaya di dunia tahun 2022 dengan total kekayaan mencapai 98,8 miliar dolar AS atau setara Rp1.535 triliun. Mayoritas kekayaan Buffett berasal dari 16 persen Berkshire Hathaway, sebuah perusahaan investasi publik miliknya.

Berkshire telah memberikan keuntungan tahunan gabungan dalam nilai pasar per saham sebesar 20 persen sejak tahun 1965 Dia pernah mengatakan bahwa kualitas hidupnya tidak dipengaruhi oleh banyaknya uang yang dimiliki. Dia tak suka menghamburkan uang. Uangnya digunakan untuk investasi dan amal.

Buffet dikenal sebagai salah satu orang paling dermawan. Dia juga tak suka menggunakan uangnya untuk membeli banyak rumah atau mobil. Buffett masih menempati rumah sederhana yang dia beli pada tahun 1958 di Omaha senilai 31.500 dolar AS.

"Hidupku tidak bisa lebih bahagia dari ini. Bahkan, akan lebih buruk jika aku memiliki enam atau delapan rumah. Jadi aku memiliki semua yang aku butuhkan dan aku tidak ingin lebih karena itu tidak akan membuat sebuah perbedaan," katanya, dikutip dari Business Insider.

Dia juga tak pernah membawa telepon selular (ponsel) dan tak punya komputer di mejanya. Bahkan, dia pernah menjemput sendiri sahabatnya, Bill Gates di bandara. Buffett juga hanya punya mobil Cadillac XTS pada 2014. Selain itu, pria 89 tahun ini pun gemar mengonsumsi junk food, seperti Burger King, Dairy Queen, Cheetos, keripik kentang dan Cola.

4. Michael Bambang Hartono
Konglomerat kaya raya pilih hidup sederhana keempat ada Michael Bambang Hartono atau Michael Hartono, salah satu orang terkaya di Indonesia yang merakyat. Konglomerat ini pernah kepergok makan di warung. Berdasarkan data Real Time Billionaires Forbes, pengusaha berusia 83 tahun itu berada di peringkat kedua orang terkaya Indonesia, dengan kekayaan sebesar 21,8 miliar dolar AS atau setara Ro338,71 triliun.

5. Mark Zuckerberg
Konglomerat kaya raya pilih hidup sederhana kelima ada Mark Zuckerberg. Pengusaha internet dan menjadi pendiri situs jejaring sosial Facebook yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Dengan kekayaan bersihnya di tahun 2022 ini mencapai 47,20 miliar dolar AS dolar AS atau setara Rp733,35 triliun, dan saat ini memiliki 15 persen saham di Facebook.

Dikutip dari Business Insider, dia sering terlihat tampil santai hanya menggunakan pakaian dengan model sama. Misalnya, kaos abu-abu andalannya, jaket, celana jeans dan sepatu kets. Sementara itu, bos dan pendiri Facebook ini pun tak malu mengendarai mobil dengan harga yang relatif murah.

Bahkan saat bulan madu ke Roma, dia bersama Priscilla Chan tak sungkan makan McDonald's di Mignanelli Step dekat Piazza Spagna, Italia. Mark bersama istrinya lebih memilih banyak melakukan kegiatan amal ketimbang menghamburkan hartanya untuk foya-foya.

Editor : Windi Trikusumawati

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut