Riset UMC: Dana Desa di 3 Kabupaten Belum Efektif

Dede Kurniawan
.
Minggu, 30 Oktober 2022 | 18:29 WIB
Seminar nasional dana desa yang diselenggarakan oleh UMC dan PKA DPR RI yang dilaksanakan di Gedung Convention Hall UMC, Sabtu (29/10/2022). (foto: Istimewa)

KABUPATEN CIREBON, iNewsCirebon.id Dana Desa di 3 Kabupaten yakni Cirebon, Kuningan dan Majalengka dilihat dari efektivitas penggunaan yang berdasarkan persepsi masyarakat atas pencapaian tujuan dan pilar good governance dinyatakan belum efektif. Lebih lanjut hasil riset ini mendapati hasil efektivitas pengelolaan dana desa di Kuningan lebih baik dibanding Cirebon dan Majalengka.

Hal ini disampakan Rektor Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) Arif Nurudin, MT dalam sambutan seminar nasional dana desa yang di selenggarakan oleh UMC dan PKA DPR RI yang dilaksanakan di Gedung Convention Hall UMC, Sabtu (29/10/2022).

"Riset Dana Desa yang dilakukan oleh UMC bekerjasama dengan Pusat Kajian Anggaran DPR RI (PKA DPR RI) dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2022. Riset dilaksanakan di 3 Kabupaten yakni Cirebon, Kuningan dan Majalengka," ujar Arif.

Berdasarkan hasil riset, dikatakan Arif Dana Desa yang dialokasikan untuk infrastruktur dan layanan dasar didapati hasil sanitasi layak harus menjadi perhatian ke depan  dan kualitas jalan, jembatan dan irigasi yang dirasakan masyarakat belum begitu inline dengan alokasi dana desa periode 2015-2019 yang mayoritas ke pembangunan fisik.

"Selanjutnya, hasil riset menyatakan bahwa Dana Desa yang dialokasikan pada pemberdayaan masyarakat, di dapati hasil pengembangan kapasitas SDM dan bantuan guna meningkatkan pendapatan masih cukup rendah dan kebermanfaatan BUMDes bagi masyarakat masih kurang memuaskan di Cirebon," katanya. 

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini