get app
inews
Aa
Read Next : Banggar DPR RI Kritik Bansos Presiden Lebih Kental Aspek Politik Ketimbang Teknokrasinya

Hingga Oktober, KPPN Cirebon Sudah Salurkan 74,75 Persen APBN Ke 112 Satker

Rabu, 19 Oktober 2022 | 20:15 WIB
header img
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tipe A1 Cirebon hingga Oktober 2022 ini sudah menyalurkan sekitar 74, 75 persen APBN. (Foto: KPPN Cirebon)

KABUPATEN CIREBON, iNewsCirebon.id Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tipe A1 Cirebon hingga Oktober 2022 ini sudah menyalurkan sekitar 74, 75 persen APBN Ke 112 Satker yang ada di Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon dan Kabupaten Indramayu. Penyaluran APBN akan terus dijalankan oleh KPPN Cirebon secara adaptif dan fleksibel menghadapi berbagai tantangan. 

Kepala KPPN Cirebon Lili Khamiliyah, S.E., M.Si, mengatakan dari Pagu APBn yang dikelola oleh pihaknya sebesar Rp 4,7 Triliyun, dengan capaian realisasi anggaran sampai dengan tanggal 19 Oktober 2022 sebesar Rp 3,5 triliyun atau sekitar 74.75 persen.

"Diharapkan, APBN dapat terus menjaga dan melindungi daya beli masyarakat serta terus mendorong pertumbuhan ekonomi. Peran APBN sebagai shock absorber sangat diperlukan, dengan tetap memperhatikan kinerja APBN agar tetap sehat, sustainabel dan kredibel," ujar Lili Rabu (19/10/2022).

Berdasarkan hal tersebut, dikatakan Lili, Kinerja APBN yang semakin baik tetap dijaga agar dapat terus berfungsi secara optimal untuk melindungi daya beli masyarakat berpenghasilan rendah dan rentan serta menjaga keberlanjutan pemulihan ekonomi. Pemerintah terus berupaya untuk mendorong pemulihan ekonomi dalam rangka mengatasi kenaikan harga-harga. Upaya Pemerintah tersebut dilakukan melalui peran fungsi APBN yang dilakukan melalui dua instrumen utama, yakni penerimaan dan belanja negara.

"Belanja APBN yang dialokasikan di wilayah kerja KPPN Cirebon, terdiri atas Belanja Pusat dan Belanja Daerah berupa Transfer ke daerah dan Dana Desa," katanya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut