get app
inews
Aa Read Next : Nggak Usah Ribet! Berobat Pakai BPJS Kesehatan Cukup Tunjukkan KTP Saja

Penyakit Apa yang Paling Banyak Habiskan Dana BPJS? Ini Penjelasannya

Jum'at, 14 Oktober 2022 | 08:27 WIB
header img
Hipertensi Salah satu Penyakit yang Habiskan Dana BPJS Paling Banyak. Foto : Istimewa

JAKARTA, iNewsCirebon - Salah satu penyakit yang banyak menghabiskan dana BPJS adalah Hipertensi, ya Hipertensi merupakan salah satu penyakit di Indonesia yang ditanggung oleh layanan BPJS kesehatan

Ghufron Mukti, Direktur Utama BPJS Kesehatan mengatakan hipertensi adalah tergolong penyakit katastropik yang dapat dicegah. Hipertensi jadi salah satu penyebab BPJS kesehatan boros karena pengeluaran biaya besar (untuk penyakit katastropik). 

"Urutannya pertama adalah penyakit jantung dan pembuluh darah. Nomor dua, kanker; nomor tiga, stroke; nomor empat thalasemia. Nomor lima, sirosis hepatis, semacam sirosis mengeras," ujar Ghufron, seperti ditulis Kamis (13/10/2022).

"Lalu leukimia, gagal ginjal juga termasuk, hemofilia dan katastropik semua," tambahnya. 

"Masyarakat kita itu kalau garamnya tidak banyak, tidak puas, tidak lezat. Jadi garamnya harus banyak, masalahnya lagi-lagi, orang itu menurut survei, angka hipertensi kita itu sekitar 30 persen," sambungnya

Mengutip idxchanel, untuk diketahui, total biaya INA CBG’s untuk penyakit kardiometabolik pada rentang waktu 2014-2016 mencapai Rp 36,3 triliun atau 28% dari total biaya pelayanan kesehatan rujukan. 

Peringkat biaya teratas diduduki oleh hipertensi dengan jumlah biaya Rp12,1 triliun, disusul dengan diabetes mellitus sebesar Rp9,2 triliun, penyakit jantung koroner sebesar Rp7,9 triliun, dan gagal ginjal kronis sebesar Rp6,8 triliun. Semenytara pada tahun 2021, ada 6,3 juta layanan (kasus) gagal ginjal dengan biaya sekitar Rp6,5 triliun.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut