get app
inews
Aa Read Next : DPR dan Pemerintah Setujui Masa Jabatan Kades Menjadi 8 Tahun Maksimal 2 Periode

Deretan Mobil Listrik yang Digunakan untuk Kendaraan Dinas Pemerintah

Kamis, 13 Oktober 2022 | 20:42 WIB
header img
Deretan Mobil Listrik yang Sudah Digunakan Untuk Kendaraan Dinas Pemerintah. Foto : Istimewa

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Kendaraan listrik mulai digunakan sebagai kendaraan dinas pemerintah, Hal tersebut sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Pemerintah. 

Pemerintah Indonesia juga menjadikan mobil listrik sebagai kendaraan resmi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali.

Melansir dari MNC Portal Indonesia, berikut deretan mobil lisrik yang dijadika kendaraan dinas oleh Pemerintah Republik Indonesia :

1. Lexus UX 300e

Mobil listrik mewah ini bisa menjadi pilihan bagi para pejabat negara demi merealisasikan Inpres Nomor 7 Tahun 2022. Lexus UX 300e juga digunakan dalam gelaran KTT G20 di Bali pada November mendatang untuk mengangkut para petinggi negara yang hadir. Toyota menyiapkan 143 unit.

Lexus UX 300e sendiri sudah dipasarkan di Indonesia sejak November 2020, yang merupakan compact luxury Crossover berteknologi tinggi full listrik pertama dari Lexus. Kapasitas baterai sebesar 54,3 kWh, mobil ini dapat menempuh jarak 400 km hanya dalam sekali pengisian.

Untuk sistem keamanan dan kenyamanannya, Lexus UX 300e sudah tidak bisa diragukan lagi karena memiliki 10 titik airbag dan teknologi keamanan tingkat tinggi lainnya. Tampilan elegan juga dapat menambah kewibawaan para pejabat yang menungganginya. Lexus UX 300e dibanderol Rp1,245 miliar. 

2.Hyundai Ioniq 5

Mobil listrik ini bisa menjadi pilihan bagi pejabat tinggi negara karena memiliki teknologi yang canggih dan fitur-fitur terkini. Desainnya juga terlihat sangat futuristik, sehingga tak menghilangkan kewibawaan seorang pejabat.

Hyundai Ioniq 5 memiliki dua varian, yakni Prime dan Signatur, dengan dua opsi standard range dan long range. Untuk tipe tertinggi, mobil listrik ini dilengkapi baterai Lithium-ion berkapasitas 58 kWh yang dapat menempuh jarak 451 km.

Sementara untuk sistem keamanan, Hyundai Ioniq 5 dilengkapi Hyundai Smartsense, Advance Driver Assistance System (ADAS), Forward Collision Avoidance Assist (FCA), serta Lane Following Assist (LFA), sehingga membuat pejabat negara tetap tenang. 

Di G20 Hyundai menyiapkan seikitnya 300 unit mobil listrik Ioniq dan Ioniq 5 yang akan menjadi kendaraan resmi pejabat dari dalam dan luar negeri.

- Prime Standard Range Rp748 juta

- Prime Long Range Rp 789 juta

- Signature Standard Range Rp809 juta

-Signature Long Range Rp859 juta

4. Nissan Leaf

Selanjutnya ada Nissan Leaf yang dapat dijadikan pilihan para pejabat sebagai mobil listrik pertama mereka untuk dijadikan kendaraan dinas. Mobil ini juga memiliki sejumlah fitur keselamanan mumpuni yang dapat melindungi pejabat jika terjadi kecelakaan.

Nissan Leaf dilengkapi dengan baterai sebesar 40 kWh dan mampu menempuh jarak maksimal 311 km dengan daya penuh. Pengisiannya juga cukup mudah dengan Easy Charging yang dapat dilakukan di rumah dan On The Go.

Mobil listrik ini sangat cocok untuk para pejabat daerah yang belum terdapat banyak infrastruktur stasiun pengisian baterai. Namun, dengan pengisian di rumah maka membutuhkan waktu lebih panjang untuk baterai terisi penuh.

- Nissan Leaf One-Toned Rp 728 juta

- Nissan Leaf Two-Toned Rp 730 juta

4. Hyundai Kona EV

 

Mobil listrik yang masuk dalam segmen SUV kecil ini bisa dimasukkan dalam daftar pilihan kendaraan dinas pejabat. Mengingat mobil juga memiliki desain yang futuristik dan sangat cocok untuk digunakan para petinggi negara.

Memiliki baterai berkapasitas 39,2 kWh, Hyundai Kona EV dapat menempu jarak 305 km dalam sekali pengisian penuh. Sementara pengisian menggunakan DC fast charger hanya butuh kurang dari 1 jam untuk mencapai 80 persen daya baterai.

Perangkat kenyamanan dan keamanan juga cukup mumpuni pada Hyundai Kona EV sehingga dapat memanjakan pejabat saat menunggangi mobil listrik ini. Hyundai Kona EV Signature dibanderol Rp742 juta

5. Wuling Air EV

Wuling Air ev menjadi pilihan yang cocok untuk pejabat-pejabat daerah agar bisa menuju lokasi-lokasi dengan jalan yang tak terlalu lebar. Mobil listrik ini juga dapat diandalkan ketika harus menghadapi tanjakan cukup tajam.

Pengisian daya yang mudah dan cepat hanya dengan melakukannya di rumah juga sangat cocok untuk pejabat daerah yang jauh dari kota. Untuk sekali pengisian penuh, mobil listrik ini dapat menempuh jarak 300 km.

Memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan model di atas menjadi keunggulan mobil listrik ini. Dua SRS airbag sudah cukup memberikan keselamatan untuk digunakan pejabat daerah. Mobil ini juga sempat digunakan dalam pertemuan politik Ketua DPR Puan Maharani dan Menko Perekenomian Airlangga Hartarto.

- Wuling Air EC Long Range with Charging Pile Rp311 juta

- Wuling Air ev Long Range Rp295 juta

- Wuling Air ev Standard Range Rp238 juta

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut