Ribuan Mahasiswa Baru UMC Ikuti Masa Ta'aruf

Dede Kurniawan
.
Minggu, 09 Oktober 2022 | 21:34 WIB
Ribuan mahasiwas baru Universitas Muhammadiah Cirebon (UMC) mengikuti masa Ta'aruf (Mataf) sebagai tradisi penyambutan mahasiswa baru. (Foto: Dede Kurniawan)

KABUPATEN CIREBON, iNewsCirebon.id Ribuan mahasiwas baru Universitas Muhammadiah Cirebon (UMC) mengikuti masa Ta'aruf (Mataf) sebagai tradisi penyambutan mahasiswa baru. Mataf diikuti oleh ribuan mahasiswa yang dilaksanakan di Kampus 2 Watubelah, Sumber, Cirebon, kemarin.

Dalam sambuatannya, Rektor UMC Arif Nurudin, MT mengatakan, masa ta’aruf merupakan kegiatan awal tahun akademik. Secara prinsip kegiatan ini merupakan pengenalan kehidupan di kampus yang meliputi pengenalan kegiatan akademik, pengenalan admisitrasi akademik, pengenalan sistem administrasi keuangan dan pengenalan kegiatan ekstra kurikuler kampus.

"Kegiatan di perguruan tinggi, jelas berbeda dengan dengan kegiatan pada sekolah tingkat dasar dan menengah. Kreativitas, Inovasi dan kepekaan sosial merupakan ciri utama yang mewarnai kehidupan di perguruan tinggi," ujar Arif. 

Dikatakan Arif, dengan demikian mahasiswa tidak hanya dituntut pada prestasi akademik yang ditandai dengan ipk yang besar. Tetapi mahasiswa dituntut juga sebagai agen perubahan masyarakat.

"UMC tidak hanya berfokus pada aspek intelektual saja. UMC berkomitmen mencetak sumberdaya manusia yang unggul dengan 3 pilar keunggulan yakni intelektual, kepedulian sosial dan spiritual," tandasnya.

Untuk mewujudkan 3 pilar keunggulan ini,ditambahkan Arif, UMC telah memfasilitasi baik secara kebijakan kurikulum maupun non kurikulum. mahasiswa UMC adalah mahasiswa yang bertanggung jawab dalam proses akademik, bahwa mahasiswa UMC adalah adalah mahasiswa yang mampu memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan masyarakat dan berkomitmen menjadi agen perubahan.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini