get app
inews
Aa Read Next : Temu Mayat Lansia di Harjamukti Cirebon, Diduga Ini Penyebabnya

Berikut 4 Jenis Minuman yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi

Minggu, 09 Oktober 2022 | 13:47 WIB
header img
Penderita Kolesterol Tinggi, Sebaiknya Hindari 4 Jenis Minuman Berikut

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Memeliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, sebaiknya anda mengatur pola makan, karena level kolesterol tinggi dalam darah, merupakan salah satu faktor risiko berbagai masalah kesehatan contohnya penyakit jantung dan stroke

Ada pula beberapa minuman yang wajib dijauhi bagi orang dengan kolestrol tinggi. Apa saja itu? Berikut ulasannya, dihimpun dari okehealth, Minggu (9/10/2022) 

1. Alkohol 

Minum minuman alkohol secara berlebihan erat kaitannya sebagai pemicu penambahan berat badan. Nah, di saat sudah kelebihan berat badan, maka tingkat kolesterol jahat akan meningkat. Kondisi ini juga sekaligus bisa menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh loh! Maka dari itu, untuk kaum pria sebaiknya untuk tidak mengonsumsi alkohol lebih dari 2 gelas dalam sehari. Sementara kaum wanita maksimal hanya boleh mengonsumsi alkohol sebanyak 1 gelas per hari.

 

2. Minuman manis

Bukan hanya pengidap diabetes, tapi pengidap kolesterol tinggi juga harus mewaspadai minuman manis. Tahukah Anda, kalau asupan gula dalam minuman manis itu bisa meningkatkan jumlah kolesterol di dalam darah. Minuman manis yang mengandung gula, punya kandungan kalori yang berlebih. Kalori inilah yang bisa berubah menjadi kolesterol trigliserida, yang pada akhirnya memicu meningkatnya kolesterol tidak sehat di dalam darah.

3. Minuman kopi

Para pencinta minuman berkafein seperti kopi sebaiknya waspada. Sebab, kopi disebutkan masuk jadi salah satu minuman yang membuat kadar kolesterol jahat meningkat. Sebagai catatan, tak semua kopi dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol ya! Sebab hal ini tergantung pada bagaimana cara kopi itu diseduh. Senyawa penambah kolesterol (cafestol) ditemukan di tingkat tertinggi pada kopi tanpa filter dalam french press dan espresso. Dekafeinasi tidak mengurangi kolesterol, namun, senyawa tersebut dihilangkan dengan filter kertas kopi. Merujuk pada studi 2007 yang diterbitkan di Molecular Endocrinology, menunjukkan cafestol meningkatkan kolesterol dengan mengganggu reseptor di saluran usus yang mengatur lipoprotein dalam tubuh.

 

4. Minuman olahan susu

Olahan susu contohnya milkshake memang enak dan banyak dianggap sebagai minuman sehat. Tapi ingat, bukan berarti semua jenis susu boleh dikonsumsi. Dalam 1 cangkir susu sapi mengandung 24 mg kolesterol, 5 gr lemak jenuh dan 146 kalori. Nah,. mengonsumsi susu sapi itu bisa memicu nilai kolesterol semakin tinggi. Apalagi jika ditambah tambahan cream yang mengandung lemak banyak, sudah pasti kandungan kolesterol pada minuman itu membahayakan kesehatan.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut