Logo Network
Network

Wasapadai 8 Gejala Ringan Pada Penderita Kolesterol Tinggi, Jangan Menunggu 24 Jam untuk ke IGD

Dyah Ratna Meta Novia
.
Rabu, 28 September 2022 | 10:54 WIB
Wasapadai 8 Gejala Ringan Pada Penderita Kolesterol Tinggi, Jangan Menunggu 24 Jam untuk ke IGD
Waspadai Gejala Kolesterol Tinggi, Salah satunya Sesak Nafas (Foto : Istimewa)

JAKARTA,iNewsCirebon.id - Gejala kolesterol tinggi seringkali sifatnya ringan. Akibatnya, gejala ini kerap diabaikan, sehingga membuat seseorang tidak cukup peduli pada kenaikan kadar kolesterol yang terjadi dalam tubuhnya.

Kolesterol sendiri adalah zat seperti lemak yang sejatinya tetap dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk membran sel, hormon tertentu, dan vitamin D. Tapi, kalau kadar kolesterol sudah berlebihan, ini berisiko sebabkan masalah kesehatan.

Menurut laman Visit Complete Care, kolesterol tinggi itu biasanya memang tidak menimbulkan gejala apapun sampai akhirnya terjadi kondisi darurat.

"Satu-satunya cara untuk tahu apakah kadar kolesterol Anda tinggi, ya, melalui tes darah," terang laman kesehatan tersebut.

Berikut beberapa gejala ringan kolesterol tinggi yang harus diwaspadai:

1. Mual

2. Mati rasa

3. Bicara 'belibet'

4. Kelelahan ekstrem

5. Nyeri dada atau angina

6. Sesak napas

7. Demam

8. Tekanan darah tinggi

"Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang gejala yang Anda alami, jangan menunggu untuk pergi ke ruang gawat darurat 24 jam terdekat. Petugas kesehatan di sana akan memeriksa kerja darah Anda, serta menjalankan tes untuk memastikan tidak ada sesuatu yang besar terjadi," tambah laporan itu.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini