Mengenal Kehidupan Suku Samin Pedalaman Blora yang Masih Pegang Teguh Prinsip Adat

MNC Media
.
Selasa, 20 September 2022 | 17:56 WIB
Mengenal Kehidupan Suku Samin Blora yang Masih Berpegang Teguh Pada Prinsip Adat ( Foto : Istimewa)

JAWA TENGAH, iNewsCirebon.id - Kehidupan Suku Samin yang tinggal di pedalaman Blora, Jawa Tengah, menarik untuk dicermati. Suku Samin di Pedalaman Blora ini menjadi salah satu daerah di Indonesia yang menarik untuk dijelajahi. 

Hingga saat ini, Suku Samin masih memegang teguh prinsip adat dan tradisi. Kehidupan mereka tidak terpengaruh oleh dunia luar yang hingar bingar.

Lantas, seperti apa kehidupan Suku Samin yang tinggal di pedalaman Blora? Berikut ulasannya dirangkum melalui YouTube Channel Jejak Richard. 

Indonesia memiliki banyak suku bangsa yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Di antaranya, ada suku yang tetap bertahan dengan nilai adat tradisinya dan ada juga suku yang mulai tergeser mengikuti zaman.

Suku Samin merupakan salah satu kelompok masyarakat adat yang tinggal di pedalaman Blora Jawa Tengah dan masih memegang teguh adat dan tradisi.

Masyarakatnya memiliki ajaran untuk menjunjung tinggi kejujuran serta tidak bersikap sombong. Sama seperti masyarakat Suku Baduy, bepergian jalan kaki merupakan kebiasaan yang sering dilakukan masyarakat Suku Samin. 

Bahkan untuk perjalanan antar kota sekalipun mereka tetap berjalan kaki. Hidup menyatu dengan alam, merupakan kebiasaan Suku Samin sejak dahulu kala. 

Maka tidak heran jika masyarakat Suku Samin juga tidak mau memetik buah dari atas pohon sebelum buah itu jatuh sendiri ke tanah. Hidup di tengah hutan Jati, menjadikan masyarakat Suku Samin sebagian besar berprofesi sebagai petani, mulai dari menanam padi, jagung, kacang tanah, dan lain-lain 

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini