get app
inews
Aa Read Next : 5 Negara dengan Mata Uang Terlemah di Dunia Saat Ini, Apa Kabar Rupiah?

Negara Negara Dunia Memasok Senjata dari Israel, Apakah Indonesia Termasuk

Jum'at, 16 September 2022 | 13:27 WIB
header img
Negara Negara Membeli Persenjataan Dari Israel, Apakah Indonesia Termasuk? ( Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Mana saja negara yang memasok senjata dari Israel? Meskipun wilayahnya kecil, Negara Yahudi ini tercatat sebagai eksportir senjata militer terbesar ke-10 di dunia selama lima tahun terakhir,lalu mana saja negara yang membeli senjata dari Israel?

The Stockholm International Peace Research Institute menerbitkan laporan yang menunjukkan bahwa perdagangan senjata ke Eropa meningkat selama lima tahun belakangan, dan pangsa ekspor senjata Israel mencapai 2,4% dari total ekspor senjata internasional dari 2017-2021. 

Volume ekspor Israel dalam periode yang sama memang tercatat menurun 5,6%, namun penurunan itu tidak menggeser posisinya dalam urutan pemain utama dalam perdagangan senjata dunia. 

Urutan pertama tentu diduduki oleh Amerika Serikat dengan pangsa ekspor senjata mencapai 39%, diikuti Rusia dengan pangsa ekspor 19%, dan disusul oleh Perancis, China, dan Jerman. 

Lantas negara yang membeli senjata dari Israel siapa saja? MNC Portal akan mengulas beberapa pelanggan setia senjata buatan Israel. 

Negara yang Membeli Senjata dari Israel, India Pelanggan Setia 

Boleh dibilang India adalah pelanggan setia senjata-senjata militer produksi Israel. Setiap tahun, pemerintah India bisa menggelontorkan uang sebanyak US$1 miliar untuk belanja senjata militer dari Israel. 

Hubungan diplomatik pada sektor militer antara India dan Israel memang tergolong baru, dimulai pada 1992, namun kini India menjadi salah satu pelanggan terbesar Israel. India juga membangun kemitraan strategis dengan Israel, bahkan ikut memproduksi senjata bersama. 

Pada 1997-2000, sekitar 15% ekspor senjata Israel dikapalkan ke India. Angka itu naik menjadi 27% pada pertengahan 2000an, dan sejak Narendra Modi menjabat sebagai perdana menteri, ekspor senjata Israel ke India meningkat menjadi 42,1%. 

Jenis senjata Israel yang dibeli India antara lain Barak 8 Surface to Air Missile, Sypder-MR Air Defense Missile, searcher and heron UAVs, Spice-2000 bomd, dan laser guide bomb. India juga mempesenjatai pasukan khususnya dengan assault weapon dari Israel. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut