get app
inews
Aa Read Next : Kisah Kopka Azmiadi Gadai Motor demi Sewa Alat Berat untuk Urai Kemacetan

Kisah Bos Nippon Paint, Dulu Hidup Miskin Hanya Lulusan SD, Kini Sukses Berharta Rp184 Triliun

Senin, 05 September 2022 | 06:52 WIB
header img
Kisah bos Nippon Paint, dulu hidup miskin hanya lulusan SD, kini sukses berharta Rp184 Triliun

JAKARTA, iNews.idKisah inspiratif datang dari Goh Cheng Liang yang sukses menjadi konglomerat berkat Nippon Paint. Bahkan sebagian besar kekayaannya dari saham mayoritas di Kippon Paint Holding Jepang, yang merupakan produsen cat terbesar keempat di dunia.

Berdasarkan data Forbes, kekayaannya saat ini sebesar 12,4 miliar dolar AS atau setara Rp184,66 triliun. Dia merupakan orang terkaya ke-149 di dunia. Sementara pada tahun lalu, dia berada di peringkat ke-3 orang terkaya di Singapura versi Forbes.

Sebelum sukses hingga menjadi konglomerat, Goh terlahir dari keluarga miskin. Bahkan pria kelahiran 1928 ini harus tinggal bersama dengan keluarganya sebanyak tujuh orang di sebuah kamar sewaan di ruko dengan biaya 3 dolar AS per bulan.

Karena kondisi keluarganya juga, saat dia berumur 12 tahun setelah lulus Sekolah Dasar

Goh pun memutuskan mendirikan sebuah bisnis air soda. Sayangnya, bisnis tersebut gagal. Kemudian dia bekerja di sebuah toko perangkat keras. Di sana dia mendapat promosi dan menjadi salesman.

Pada 1949, Goh bertemu dengan orang Inggris yang melelang cat-catnya yang sudah tak layak pakai. Dia membeli beberapa barel cat tersebut untuk bereksperimen. Eksperimennya berhasil dan cat-cat tersebut bisa digunakan kembali.

Goh pada akhirnya mendirikan perusahaan catnya sendiri yaitu Pigeon Paint. Tahun berikutnya, bisnisnya melejit karena kebijakan pemerintah yang membatasi produk impor, termasuk cat karena perang Korea. Sejak itu, bisnisnya terus berkembang hingga menjadi Nippon Paint.

Editor : Windi Trikusumawati

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut