get app
inews
Aa Read Next : Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kota Cirebon Tahun 2023

Mahasiswa Cirebon Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Harga BBM

Kamis, 01 September 2022 | 16:08 WIB
header img
Mahasiswa Cirebon gelar Unjuk Rasa Tolak Kenaikan BBM ( Foto : Rian Subekti)

KOTA CIREBON, iNews.id - Tolak kenaikan harga BBM Puluhan mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia atau GMNI turun kejalan menggelar aksi unjuk rasa di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DRPD) Kota Cirebon, Kamis (1/9/2022). 

Puluhan masaa yang datang dengan membawa atribut GMNI dan spanduk bertuliskan tolak kenaikan harga BBM.

Massa aksi sempat mebakar ban bekas di Jalan Siliwangi Kota Cirebon, sebagai bentuk protes, namun aksi tersebut tidak berlangsung lama. 

Puluhan massa dari GMNI Cirebon ini sempat memaksa masuk ke Gedung Dewan namun dihalangi pihak Kepolisian dari Polres Cirebon Kota, yang sudah berjaga di lokasi.

Akhirnya massa melakukan unjuk rasa dengan melakukan orasi di depan gedung DPRD, Mereka mengkritisi kinerja pemerintah dan menolak kenaikan harga BBM.

Sementara itu, dua anggota DPRD Kota Cirebon Ahmad Syauqi dan M Fahrozi juga menemui dan berusaha menenangkan massa.

Sebelumnya telah beredar di berbagai media sosial mengenai kenaikan harga BBM subsidi terbaru yang dimulai 1 September 2022.

Namun, Pertamina akhirnya merilis harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi per 1 September 2022.

Harga BBM subsidi yang baru saja diumumkan oleh Pertamina melalui aplikasi mypertamina.id berlaku untuk seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Berdasarkan informasi tersebut, ternyata tidak ada kenaikan harga sama sekali bagi jenis BBM subsidi Pertalite, Solar dan Pertamax.

Harga BBM subsidi jenis Pertalite masih sama dengan bulan Agustus 2022, yakni Rp 7.650,- per liter.Harga Pertalite yang dibanderol setiap daerah sama.

Begitu juga dengan harga BBM jenis Pertamax, sama sekali tidak ada perubahan, yakni dari mulai Rp 12.500,- hingga Rp 13.000,-.

Padahal sebelumnya diisukan, bahwa mulai 1 September 2022 pemerintah akan menaikkan harga BBM subsidi, khususnya jenis Pertalite dan Solar.

Bahkan, pemerintah juga telah menyiapkan dana bantuan sosial bagi sebagian besar warga Indonesia agar tidak terjadi guncangan ekonomi ketika harga BBM subsidi dinaikkan.

Aksi mahasiswa tersebut mendapatkan pengawalan ketat dari aparat Kepolisian dari Polres Cirebon Kota, hingga akhir peserta aksi membubarkan diri dengan tertib.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut