get app
inews
Aa Read Next : Penampilan Cantik Pyramiden, Kota Hantu di Ujung Bumi

Dua Pulau Berjarak 3,8 KM, Namun Perbedaan Waktu Terpaut 21 Jam

Selasa, 23 Agustus 2022 | 20:18 WIB
header img
Unik Dua Pulau Berjarak 3,8 Km , Tapi Punya Berbedaan Waktu 21 Jam

JAKARTA, iNews. id - Jarak antara dua pulau beda negara ini hanya 3,8 km. Namun perbedaan waktu di antara keduanya mencapai 21 jam. 

Kondisi unik ini terjadi antara Pulau Diomene Besar milik Rusia dan Deomede Kecil yang masuk wilayah AS. Keduanya terletak di Selat Bering.

Fenomena ini pun ramai diperbincangkan warganet saat sebuah akun Twitter @tanyakanrl mengunggahnya pada Minggu (21/8/2022). Cuitan tersebut juga disertai gambar dua pulau dengan penanda bendera Rusia dan AS. 

"Dua pulau hanya berjarak 3,8 km tapi berbeda waktu 21 jam," tuis keterangan dalam cuitan tersebut. 

Hingga Senin (22/9/2022) siang, unggahan tersebut sudah disukai lebih dari 15.000 warganet Twitter. Unggahan tersebut juga dibagikan lebih dari 1.000 kali. 

Alasan fenomena unik ini terjadi yakni keberadaan garis khayal berupa garis penanggalan internasional yang telah menjadi pembatas antara Rusia dan AS.

Saking dekatnya, warga di Pulau Diomene Besar dapat melihat Pulau Diomene kecil. Begitu pula sebaliknya. 

Untuk bepergian ke pulau lain, warga pun dapat menggunakan perahu. Bahkan selama musim dingin, sebuah jembatan es terbentuk di antara kedua pulau dan memungkinkan orang untuk menyeberang.  

Namun perpindahan warga dua pulau ini tak semudah yang dibayangkan. Ada larangan untuk menempuh perjalanan dari satu pulau ke pulau lain. Selain itu, kedua pulau juga dilengkapi dengan tentara negara masing-masing yang terus berpatroli.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut