get app
inews
Aa Read Next : 6 Jurusan Kuliah Berpotensi Menjadi PNS Idaman Banyak Orang

Apa Itu Toxic Positivity? Ketahui Pengertian, Ciri dan Dampaknya

Jum'at, 19 Agustus 2022 | 14:13 WIB
header img
Kenali ciri toxic positivity (Foto: Freepik)

Dampak Buruk Toxic Positivity

1. Mengakibatkan Stres

Saat seseorang mulai menyangkal atau bahkan ingin menghilangkan perasaan negatif pada dirinya, justru akan membuat seseorang itu lebih tertekan. Rasa tertekan tersebut akan menjadi pemicu untuk overthinking dan merasa takut dengan apa yang akan terjadi di hidupnya.

2. Membuat Diri Sendiri Merasa Bersalah

Jika seseorang memaksakan dirinya untuk terus berpikir positif maka akan menimbulkan perasaan bersalah. Karena menurutnya emosi negatif yang dia rasakan tidak bisa diterima oleh lingkungan sekitar dan takut akan menimbulkan permasalahan lain.

3. Menghambat Perkembangan 

Penyangkalan emosi juga berarti membuat seseorang tidak memiliki kemampuan untuk menghadapi perasaan tersebut. Tentunya hal demikian akan menghambat seseorang dalam perkembangan, pertumbuhan dan pikiran seseorang.

4. Sulit Bersosialisasi

Apabila seseorang menerapkan toxic positivity, akan membentuk kepribadian seseorang tidak jujur terhadap dirinya sendiri bahkan orang lain. Karena jika memiliki toxic positivity cenderung akan menutupi semua permasalahan dari orang lain dan membuat dirinya menjadi lebih sulit untuk bersosialisasi. Saat bergaul atau mencoba bersosialisasi, akan lebih sering menekankan diri sendiri terlihat bahagia.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut