get app
inews
Aa Read Next : 6 Jurusan Kuliah Berpotensi Menjadi PNS Idaman Banyak Orang

Apa Itu Toxic Positivity? Ketahui Pengertian, Ciri dan Dampaknya

Jum'at, 19 Agustus 2022 | 14:13 WIB
header img
Kenali ciri toxic positivity (Foto: Freepik)

TOXIC positivity menjadi topik yang ramai diperbincangkan. Lantas apa itu toxic positivity? Berikut ulasan lengkapnya agar kita tidak terjebak di dalam toxic positivity.

Dalam kehidupan, manusia sering kali merasa berat dan berada di titik terendah dalam hidupnya. Itu hal yang wajar karena merupakan salah satu proses manusia untuk belajar menjadi lebih dewasa.

Jika seseorang sedang berada di titik terendah dalam hidupnya, biasanya akan menjadi lebih sensitif dengan hal sepele seperti postingan di media sosial ataupun sensitif karena ucapan seseorang. Sebagai tameng, terkadang secara tidak sadar manusia mengeluarkan kalimat positif alih-alih sebagai penyemangat.

Namun usaha atau pertahanan dengan kalimat positif tersebut justru adalah sebuah kalimat toxic yang bermakna negatif untuk diri sendiri. Hal itu bisa disebut sebagai toxic positivity. Lalu, apa pengertian dari toxic positivity?

Dilansir dari berbagai sumber telah terangkum beberapa hal untuk lebih mengenal toxic positivity.

Pengertian Toxic Positivity

Toxic Positivity merupakan keadaan seseorang untuk tetap harus bersikap positif dan menghilangkan emosi negatif dari dalam pikiran. Sederhananya memaksa seseorang harus berpikir positif meskipun sedang dalam keadaan tidak baik seperti kecewa, marah dan sedih.

Berpikir positif memang hal yang baik. Namun jika pikiran positif tersebut diikuti dengan keadaan seseorang yang sedang kacau bukan hal yang baik untuk dilakukan.

Perasaan sedih, marah ataupun kecewa harus dirasakan dan manusia tidak boleh menyangkal perasaan tersebut. Hal tersebut akan berdampak buruk dan berbahaya bagi kesehatan mental.

Ciri-Ciri Toxic Positivity

Ada beberapa ciri-ciri untuk mengenali toxic positivity, yaitu:

1. Memilih menghindari masalah daripada menghadapinya

2. Menyembunyikan perasaan sedih, kecewa dan marah dengan berperilaku positif

3. Merendahkan seseorang jika mengeluh dan tidak ada sikap positif

4. Melupakan secara paksa emosi negatif

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut