get app
inews
Aa Read Next : Bejat! Pedagang Mainan Cabuli Dua Bocah Perempuan, Ini Modusnya

Pembuatan SIM dan SKCK di Cirebon Bisa Dengan Sampah Plastik

Senin, 15 Agustus 2022 | 23:20 WIB
header img
Polresta Cirebon meluncurkan layanan Green Service dalam pembuatan SIM dan SKCK di Satpas Polresta Cirebon, Senin (15/8/2022). (Foto: Istimewa)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Di Cirebon pembuatan SIM dan SKCK bisa dengan sampah plastik. Polresta Cirebon meluncurkan layanan Green Service dalam pembuatan SIM dan SKCK di Satpas Polresta Cirebon, Senin (15/8/2022). 

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman mengatakan, dalam layanan Green Service tersebut masyarakat dapat membayar biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dalam pembuatan SIM dan SKCK menggunakan sampah plastik.

"Tetapi bukan membawa sampah plastiknya secara langsung, melainkan menabung sampah plastik ke bank sampah yang terdapat di seluruh wilayah Kabupaten Cirebon. Hasil tabungannya yang digunakan untuk pembayaran PNBP pembuatan SIM dan SKCK di Satpas Polresta Cirebon," kata Kombes Pol Arif Budiman.

Ia mengatakan, saat ini Polresta Cirebon telah bekerja sama dengan 10 bank sampah di Kabupaten Cirebon. Namun, pihaknya menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon untuk mengintegrasikan saldo bank sampah untuk digunakan dalam pembayaran SIM dan SKCK.

Menurutnya, jika saldo bank sampah telah mencukupi untuk membayar PNBP pembuatan SIM maupun SKCK, maka petugas bank sampah akan memberitahu Polresta Cirebon dan menghubungi nasabah untuk waktu kedatangannya ke Satpas Polresta Cirebon.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut