get app
inews
Aa Read Next : IAI Kabupaten Cirebon Edukasi Penggunaan Obat Selama Ramadhan

Wow! 13 Cara Alami Atasi Rambut Rontok, Tetap Tampil Percaya Diri

Kamis, 04 Agustus 2022 | 18:00 WIB
header img
Ilustrasi rambut rontok (Foto: Istimewa)

CARA alami atasi kerontokan rambut perlu kita ketahui, sebab masalah rambut rontok dapat mengenai siapa saja baik pria atau wanita dari semua golongan usia.

Selain itu, rambut rontok menyebabkan ketidaknyamanan dengan berkurangnya rasa percaya diri seseorang.

Masalah rambut rontok dapat terjadi karena beberapa hal. Seperti kekurangan gizi, hormon pada tubuh yang berubah, efek samping dari obat-obatan yang sedang dikonsumsi, stres, faktor usia, hingga kebiasaan buruk yang sering dilakukan juga dapat menjadi pemicu rambut rontok.

Lalu, bagaimana cara alami mengatasi rambut rontok? Berikut 13 bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi rambut rontok.

Kemiri

Menurut buku Hair Loss Natural Treatment karya Green Angelica, kemiri dipercaya dapat membuat akar rambut menjadi lebih kuat dan juga dapat merangsang pertumbuhan rambut baru. Sehingga rambut anda akan menjadi lebih sehat.

Untuk menggunakan kemiri pada rambut anda, anda harus menumbuk kemiri lalu sangrai kemiri hingga keluar minyak. Nah, minyak tersebut dapat anda oleskan pada kulit kepala anda dan tunggu beberapa saat setelah itu bilas hingga bersih.

Daun Ashitba

Daun Ashitba yang memiliki bentuk mirip seledri ini berasal dari Jepang. Daun ini memiliki banyak manfaat. Sebagaimana dijelaskan oleh dr. Okuyama dari “Tokyo Meiji Universitu of Pharmacy” bahwa daun ini dapat mengobati penyakit hati, kanker paru, kanker kulit, hingga glukoma. Selain itu, daun ini juga dipercaya dapat menjadi obat penumbuh rambut.

Madu

Madu dikenal memiliki segudang manfaat baik untuk tubuh kita. Salah satu kandungan yang ada di dalam madu adalah folikel. Zat ini dinilai mampu mencegah rambut rontok.

Penelitian dari “Journal Cosmetology Dermatol” juga menjelaskan bahwa madu memiliki banyak antioksidan, asam amino, dan juga protein yang sangat baik untuk kulit kepala. Tidak heran jika banyak produk kecantikan dan perawatan rambut menggunakan madu sebagai salah satu campurannya.

Apel

Apel memiliki senyawa biotin dan procyanidin B-2 yang memiliki fungsi sebagai pengikat protein dan memicu pertumbuhan rambut. Tak hanya itu, apel juga dapat menguatkan akar rambut hingga mencegah kerontokan rambut.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan senyawa antioksidan seperti flavanoid, fenolm dan saponin yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Senyawa tersebut juga dapat merangsang pertumbuhan rambut, mencegah rontok, dan juga mengatasi rambut rusak.

Selain itu, lidah buaya juga daoat mengembalikan warna rambut. Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala anda, tunggu beberapa saat lalu dibilas.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut