get app
inews
Aa Read Next : Wow! 13 Cara Alami Atasi Rambut Rontok, Tetap Tampil Percaya Diri

Ajaib Khasiat Daun Jambu Biji Atasi Kerontokan Rambut, Ini Cara Buat Ramuannya

Rabu, 13 Juli 2022 | 17:20 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Okezone/Istimewa)

Kerontokan rambut dapat menyebabkan kebotakan hingga membuat frustasi bagi penderitanya. 

Ketimbang pusing harus menggunakan produk apalagi yang harus dikenakan untuk mengatasi masalah ini. Kenapa tidak mencoba untuk menggunakan bahan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah, salah satunya ialah dengan toner daun jambu biji.

Jambu biji sendiri mengandung kandungan vitamin A, vitamin C, dan lycopene yang jauh lebih tinggi dibandingkan buah-buahan lain. Begitu juga dengan daunnya, mengandung banyak vitamin B complex yang mampu membuat folikel-folikel rambut menjadi kuat dan tumbuh dengan baik. Selain itu juga mengandung banyak kandungan anti-bakteri yang membersihkan kulit kepala serta mengontrol produksi sebum dan membunuh ketombe.

Bagaimana cara membuat dan pemakaiannya? Berikut uraiannya, sebagaimana dikutip Boldsky, Selasa (29/11/2016).

Step 1 : Ambil helai-helai daun jambu biji secukupnya (segenggam dua tangan) kemudian cuci bersih sampai tidak ada kotoran atau debu yang masih menempel.

Step 2 : Rebus 1 liter air dalam suatu wadah panci, rebus dengan api sedang. Saat sudah mendidih masukkan daun-daun jambu biji yang sudah bersih tersebut. Kecilkan api, rebus selama kurang lebih 20 menit sampai air rebusan menjadi berubah warna. Setelah kurang lebih 20 menit, matikan api.

Step 3 : Sisihkan air rebusan ini, biarkan dingin dengan sendirinya karena tempatur ruangan. Setelah cukup dingin, baru kemudian saring bersih air rebusan lalu masukkan air daun jambu biji bersih hasil saringan ke dalam wadah berbentuk botol semprot.

Step 4 : Sisir rambut menggunakan sisir bergigi jarang, sisir dari bagian tengah hingga ujung rambut untuk menghindari rambut menjadi kusut dan rontok.

Step 5 : Kemudian semprotkan toner daun jambu biji yang terdapat pada botol spray tadi, mulai dari kulit kepala, akar rambut, batang, hingga ujung rambut. Semprotkan secara merata.

Step 6 : Setelah disemprotkan merata, pijat-pijat kulit kepala menggunakan ujung-ujung jari jemari agar cairan toner terserap dengan baik, cara ini juga bertujuan untuk menstimulasi peredaran darah agar menjadi lancar.

Step 7 : Diamkan rambut semalaman, keesokan paginya baru cuci rambut hingga bersih dengan sampo berformula ringan. Aplikasikan hair tonic alami ini dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk hasil ideal.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut