get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Makam Sunan Gunung Jati dan Rahasia 9 Pintu Menuju Makam

Keruntuhan Kerajaan Cirebon, Akibat Terpecah Begini Kisahnya

Selasa, 02 Agustus 2022 | 12:01 WIB
header img
Salah satu peninggalan dari Krerajaan Cirebon yang didirikan oleh Sunan Gunung Jati. (Foto: Istimewa)

CIREBON, iNews.id - Keruntuhan Kerajaan Cirebon, akibat terpecah begini kisahnya. Kerajaan Cirebon yang dibangun oleh Syekh Sarif Hidayatullah atau yang lebih dikenal dengan Sunan Gunung Jati berdiri pada tahun 1479.

Runtuhnya kerajaan Cirebon tidak lepas dari kehadiran VOC di pulau Jawa dan kebangkitan kekuatan kerajaan islam yakni Banten di wilayah Barat dan Mataram di Wilayah Timur. Kerajaan Cirebon runtuh bukan disebabkan kekalahan dalam medan pertempuran namun karena perpecahan yang terjadi didalam Kerajaan.

Dikutip dari Historyofcirebon, Kerajaan Cirebon runtuh pada tahun 1678 Masehi. selama 199 tahun berdiri, Kerajaan Cirebon diperitnah oleh beberapa raja, raja-raja yang pernah memimpin Kerajaan CIrebon yakni:

  1. 1. Syekh Sarif Hidayatullah yang bergelar Susuhunan Jati atau yang lebih dikenal dengan Sunan Gunung Jati yang memimpin dari tahun 1947 sampai 1495.
  2. 2. Panembahan Ratu I (Pangeran Mas Zainul Arifin) (bertakhta dari 1568 - 1649), bergelar Sultan Cirebon II ia merupakan anak dari Pangeran Sedang Kamuning (Pangeran Adipati Anom Carbon I). Permaisurinya adalah putri Sultan Adiwijaya dari Pajang.
  3. 3. Panembahan Ratu II (Pangeran Putra atau Panembahan Girilaya) (bertakhta dari 1649 - 1662), bergelar Sultan Cirebon III ia merupakan anak Pangeran Sedang Gayam (Pangeran Adipati Anom Carbon II).

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut