get app
inews
Aa Read Next : 8 Pemandian Air Panas di Jawa Barat dengan Pemandangan Terbaik

Simak Keunikan Singkatan Camilan Khas Sunda Yang Sama Namun Tak Serupa

Minggu, 31 Oktober 2021 | 12:59 WIB
header img
Jajanan Nusantara dari berbagai daerah memperkaya ragam kuliner Indonesia (Foto : Jhon)

CIREBON, iNews.id - Indonesia memang memiliki keunikan yang beragam dan salah satunya dapat terlihat dari banyaknya variasi makanan yang disuguhkan dari masing-masing daerah yang ada di seluruh nusantara tercinta ini. 

Variasi makanan Nusantara dalam bentuk jajanan yang banyak di jumpai di daerah Jawa Barat ini, banyak yang berasal dari tatar Sunda. Setiap makanannya pun unik dan memiliki singkatan yang mudah diingat oleh para penggemarnya. 

COMRO, MISRO dan SUKRO

Ketiga jajanan ini sangat familiar di dengar dan kesemuanya berakhiran ro. Ro kependekan dari 'dijero' yang artinya di dalam, sama-sama diambil dari bahan isian jajanan tersebut. 

- Comro akronim oncom dijero , merupakan camilan yang terbuat dari singkong parut yang dicampur kelapa parut, dengan isian olahan oncom (oncom di dalam). 


Foto : asianfoodnetwork.com

- Misro akronim amis dijero , mirip seperti comro, yang membedakan hanya isiannya saja. Jika comro merupakan camilan olahan singkong versi asin (gurih), maka misro merupakan camilan olahan singkong versi manisnya, dengan isian gula merah (gula di dalam). 


Foto : resepkoki.id

- Sukro akronim suuk dijero , siapa sangka ternyata nama camilan populer yang satu ini berupa kependekan. Sukro merupakan camilan ringan gurih berbentuk bulat-bulat kecil terbuat dari tepung terigu dengan isian potongan kacang tanah (kacang tanah di dalam).


Foto : cookpad.com

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut