get app
inews
Aa Read Next : Berwisata ke OW Cibulan Kuningan Sensasi Berenang Dengan Ikan Dewa

Kisah Prabu Siliwangi, Pemimpin Kharismatik Pengayom dan Pemersatu Tatar Sunda

Rabu, 20 Oktober 2021 | 08:38 WIB
header img
Raja Tatar Sunda Prabu Siliwangi.(Foto:Ist)

BANDUNG, iNews.id - Raja Pajajaran Prabu Siliwangi konon begitu dihormati oleh kepercayaan lokal. Kepercayaan lokal tradisional di Sunda Wiwitan, menyebut tokoh Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi adalah sosok pemimpin ideal dan memiliki pengaruh besar di masyarakat Sunda.

Selama masa hidupnya, Prabu Siliwangi begitu dihormati semua rakyatnya. Sebagaimana dikisahkan pada buku Hitam Putih Pajajaran: dari Kejayaan hingga Keruntuhan Kerajaan Pajajaran tulisan Fery Taufiq El Jaquene.

Tak hanya diakui akan kepemimpinannya, sebagai leluhur para manak atau bangsawan Sunda, dan dipercaya selalu mengayomi semua masyarakat tidak pandang ras, suku, budaya, dan agama. Ia satu-satunya raja yang namanya hingga sekarang masih menjadi idola di masyarakat Sunda.

Konon kompleks Pura Parahiyangan Agung Jagatkarta yang terletak di lereng utara Gunung Salak, terdapat candi yang dibangun orang terdahulu sebagai bentuk ekspresi memuliakan tokoh Sunda Prabu Siliwangi. Pura ini berada di daerah Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut