get app
inews
Aa Read Next : 8 Pemandian Air Panas di Jawa Barat dengan Pemandangan Terbaik

Simak Keunikan Singkatan Camilan Khas Sunda Yang Sama Namun Tak Serupa

Minggu, 31 Oktober 2021 | 12:59 WIB
header img
Jajanan Nusantara dari berbagai daerah memperkaya ragam kuliner Indonesia (Foto : Jhon)

CIRENG, CIMOL, CILOK, CILOR, CIPET, CIBAY, CILUNG, dan CIPUK 

Semua camilan tersebut adalah camilan yang terbuat dari bahan yang sama, yaitu tepung aci (tepung kanji). Awalan ci dari nama camilan tersebut sama-sama akronim dari kata aci . 

- Cireng akronim aci digoreng , merupakan camilan berbahan adonan tepung kanji yang digoreng. Saat ini cireng dapat ditemukan hampir di seluruh penjuru nusantara, dengan berbagai macam inovasi, bentuk, dan isian. Masyarakat Sunda sendiri biasa menyantap cireng dengan sambal rujak atau saus kacang. 


Foto : resepedia.id

- Cimol akronim aci sa-cemol , merupakan inovasi lain dari olahan tepung kanji. Cimol berbentuk bulat-bulat kecil seperti gundu terbuat dari adonan campuran antara tepung aci, tepung terigu, dan tepung beras. Cimol digoreng dan disajikan dengan aneka pilihan bumbu tabur. 


Foto : doyanresep.com

- Cilok akronim aci dicolok , bentuknya bulat seperti bakso, hanya saja bahan yang digunakan berbeda. Cilok mempunyai tekstur yang lebih kenyal. Seperti namanya, cilok disajikan dengan cara dicolok, dan biasa dihidangkan dengan tambahan saus kacang, saus cabai, dan kecap. Sekarang cilok dapat ditemukan dengan aneka variasi, seperti cilok panggang, cilok bakar, cilok goreng, cilok mini, dan lainnya. 


Foto : resepmasakanidola.blogspot.com

- Cilor akronim aci telor , dibuat dari olahan adonan aci yang dipotong kotak-kotak kemudian ditambah kocokan telur, biasanya dimasak di dalam cetakan martabak telur kecil. Cilor yang sudah matang kemudian dihancurkan dan dikocok dengan campuran bumbu tabur aneka rasa. 


Foto : resepmasakanidola.blogspot.com

- Cipet akronim aci ka-cepet , nama unik ini sama sekali bukan diambil dari kata cipet yang biasa digunakan anak gaul ABG (plesetan kata copet). Cipet merupakan camilan yang bisa dibilang mirip dengan batagor. Dinamakan cipet, karena aci-nya terjepit di antara tahu. 


Foto : www.idntimes.com

- Cibay akronim aci lebay , satu lagi camilan unik khas Sunda. Cibay dibuat dari kulit lumpia yang diisi adonan aci yang dibumbui. Cibay digoreng dan disantap hangat dengan cocolan sambal pedas. Disebut juga aci ngambay . Dikatakan ngambay , karena aci akan keluar memanjang saat digigit. 


Foto : nusadaily.com

- Cilung akronim aci digulung , merupakan camilan modifikasi berbahan utama aci. Tidak seperti camilan olahan aci pada umumnya, cilung dibuat dari adonan aci yang encer. Adonan tersebut dituang di atas pan yang telah diolesi minyak sayur, seperti membuat kulit lumpia. Ditengah-tengah adonan tersebut kemudian diberi aneka topping seperti bumbu tabur, ceplokan telur puyuh, bon cabai, saus, bahkan mayones. Selanjutnya adonan itu pun digulung perlahan dengan menggunakan tusuk sate. Cilung akan lebih spesial, jika luarnya ditambah taburan serundeng atau abon. Camilan ini hampir menyerupai kerak telor, hanya saja dalam bentuk gulungan.


Foto : www.heytheresia.com

- Cipuk akronim aci kerupuk , memang tidak sepopuler camilan aci lainnya. Namun Cipung sangat populer di tanah asalnya (Bandung). Seperti namanya cipuk adalah camilan yang terbuat dari adonan aci yang dicampur kerupuk basah. 


Foto : https://youtu.be/-QSxCcLn-lE

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut