MIE instan bagi kebanyakan orang mungkin sudah cukup familiar dengan nama tersebut, produk olahan dari tepung ini menjadi idaman selain mudah dibeli di berbagai warung, mie instan mudah juga dimasak. Namun apakah Anda sudah tahu siapa dan dari mana mie instan ini berasal?
Mie instan diciptakan setelah perang Dunia II, yang mana kala itu Jepang mengalami kekalahan pada perang dunia II dan 10 tahun setelahnya tepatnya pada tahun 1958 terciptalah mie instan.
Berkat kekalahan Jepang di Perang Dunia II membuat negara tersebut mengalami krisis pangan yang cukup panjang. Namun beruntungnya Jepang mendapatkan bantuan pangan dari Amerika Serikat berupa tepung terigu.
Tepung terigu yang biasa diolah menjadi roti oleh orang Amerika, sebaliknya justru tepung terigu tersebut diolah menjadi produk yang baru ada yakni mie instan.
Momofuku Ando inilah yang merupakan sosok di balik penciptaan mie instan. menggunakan rumus dengan cara mengeringkan mie kukus dan bumbu dalam minyak panas membuahkan hasil yakni produk mie instan.
Tak selang begitu lama mie instan yang dibuat Ando semakin banyak dinikmati oleh orang-orang Jepang kala itu dan ia akhirnya membuat perusahaan bernama "Nissin" dengan memproduksi mie instan pertamanya bernama Chicken Ramen atau Ramen Rasa Ayam.
Pada tahun 1971 perusahaan Momofuku Ando mengeluarkan produk Cup Noodle, inovasi makan mie instan di dalam gelas. Hal tersebut yang membuat mie instan semakin digemari oleh orang Jepang, ada sekitar 55 juta porsi mie instan yang dikonsumsi setiap tahunnya di Negara tersebut.
Di Tahun 2000 angka penjualan mie instan bisa mencapai 48 miliar bungkus per tahun, dan hingga tahun 2020 angka konsumsi mie instan global menyentuh angka 116 ,miliar bungkus per tahun dilansir dari World Instant Noodles Association.
Ekspansi Mie Instan ke Mancanegara
Perkembangan mie instan yang semakin meningkat, serta peminat yang banyak membuat produk tersebut secara pesat merambah ke seluruh negara di dunia.
Seperti ke Amerika Serikat hingga Eropa. Salah satu faktor melesatnya produk asal Jepang ini didasari oleh lima prinsip yang dipegang Ando kala itu, yakni jika ingin mengembangkan makanan yaitu produk tersebut harus memiliki harga yang terjangkau, kenyamanan, keamanan, kebersihan, serta lama penyimpanan.
Dengan memiliki produk makanan instan maka orang-orang akan merasa sangat terbantu jika ingin mencari makanan, selain cara membuatnya yang simple, rasa-rasa yang disajikan oleh sederet produk mie instan juga sangat bervariasi.
Editor : Miftahudin