get app
inews
Aa Read Next : Rekening Penjual Burung Diblokir BCA Gegara Namanya Sama dengan Tersangka Korupsi, Ini Penjelasannya

Siapakah Pemilik Rumah Sakit Siloam? Bisnis Kesehatan yang Cuan Saat Pandemi

Minggu, 17 Juli 2022 | 23:22 WIB
header img
Siapa pemilik Rumah Sakit Siloam yang Masuk Orang Terkaya di Indonesia. (FOTO : MNC Media)

RUMAH SAKIT Siloam sudah sangat terkenal bahkan namanya dikenal luas hingga ke negeri tetangga. Namun publik banyak yang bertanya siapakah pemilik rumah sakit siloam?

Apakah pemilik rumah sakit Siloam masuk dalam naungan Grup Lippo yang didalamnya terdapat bisnis lain, terdiri dari Meikarta, OVO dan Hypermart. 

Lalu siapa pemilik yang mempunyai banyak bisnis di dalam Grup Lippo ini? Dapat Anda simak sampai habis dalam artikel ini.

Pendiri Grup Lippo

Mochtar Riady merupakan seorang pendiri dari Grup Lippo. Grup Lippo didirikan pada tahun 1950. 

Kini, Grup Lippo berganti nama menjadi Bank CIMB Niaga dan posisi sahamnya telah berubah.

Mochtar Riady lahir pada 12 Mei 1929 di Malang, Jawa Timur. 

Sejak kecil Mochtar Riady sudah bercita-cita menjadi bankir sejak umurnya masih 10 tahun.

Alasanya pada saat ia hendak berangkat sekolah, Mochtar selalu melihat kantor dari Nederlandsche Handels Bank (NHB) yang memiliki pegawai yang berpakaian rapi dan sibuk dengan pekerjaanya. 

Akan tetapi cita-cita Mochtar Riady di tentang oleh ayahnya, karena jika ingin menjadi seorang bankir perlu biaya yang besar tidak sesuai dengan kondisi keluarga Mochtar pada saat itu.

Awal ia terjun menjadi seorang pebisnis, Mochtar diberi tanggung jawab untuk mengurusi toko mertuanya. 

Lalu pada tahun 1954 Mochtar pergi ke Jakarta untuk bekerja di sebuah CV selama enam bulan. Setelah itu ia bekerja kepada seorang importer. 

Di tahun yang sama Mochtar mencoba bisnis kapal kecil dengan temannya. 

Lalu sampai saat dimana ada sebuah bank yang sedang mengalami pailit, yakni Bank Kemakmuran. 

Temannya menawari Mochtar untuk memperbaiki kondisi bank tersebut. Kesempatan emas ini tidak di sia-siakan oleh ia padahal dia tidak mengerti sama sekali soal mengurus bank.

Andi Gappa selaku pemilik Bank Kemakmuran menunjuk Mochtar Riady sebagai direktur utama di bank tersebut.

Direktur Pertama

Di hari pertama menjadi direktur, ia langsung mendapatkan permasalahan karena tidak paham dengan “Balance Sheet”. 

Tetapi ia tidak pantang menyerah, sampai dimana ia meminta kepada Andi Gappa untuk belajar dari awal soal akuntansi sampai ia membayar seorang guru privat.  

Ia memulai bekerja dari awal kembali, menjadi bagian kliring, cash, dan checking account. Akhirnya hanya dalam jangka waktu setahun Bank Kemakmuran mengalami perkembangan yang pesat. 

Setelah itu dia berpindah ke Bank Buana pada tahun 1964, lalu 1971 pindah ke Bank Panin.

Perjalanan Karier

Perjalanan karier beliau berlanjut saat meninggalkan Bank Panin ke Bank BCA pada 1975 yang didirikan oleh keluarga Liem Sioe Liong

Di BCA Mochtar Riady mendapat share sebesar 17,5%. Kemudian saat dia bergabung dengan Hasyim Ning 1987 ia dijuluki sebagai The Magic Man of Bank Marketing. 

Karena berhasil menaikan aset Bank Perniagaan Indonesia dari 1.500% menjadi Rp257,73 miliar.

Berselang pada tahun 1989, Lippo Bank karena bank ank Perniagaan Indonesia melakukan merger dengan Bank Umum Asia. 

Dari situlah, awal mula berdirinya Grup Lippo. Kini Grup Lippo mempunyai lebih dari 50 anak perusahaan serta mempunyai lebih dari 50 ribu karyawan. 

Dan Grup Lippo mempunyai jaringan bisnis di Indonesia, tetapi dapat merambah di kawasan Asia Pasifik, terutama Hong Kong, Guangzhou, Fujian, dan Shanghai.

Keuntungan saat Pandemi

Siloam selaku naungan bisnis dari Lippo Grup, dikala pandemi covid-19 seperti ini mengalami keuntungan. 

Pasalnya, rumah sakit ini berhasil membalikan rugi Rp43 miliar pada tahun 2020 menjadi meraup keuntungan Rp552 miliar pada September 2021. Dan mengalami kenaikan pendapatan 41 % sebesar Rp 7,1 miliar, dibandingkan periode September tahun lalu, yaitu Rp5,01 miliar. Hasil positif ini mencatatkan performa saham yang baik. 

RTI melansir dalam tiga tahun terakhir soal kenaikan tren positif yang dialami oleh perusahaan ini. Tercatat, sepanjang tahun 2021 menguat sebesar 63,6%. Ini tentunya menunjukan performa yang positif.

Kunci Sukses Mochtar Riady

Dari semua kesuksesan yang telah dicapai dari seorang yang bercita-cita menjadi bankir in, yang awalnya ia hanya seorang yang mengurusi toko mertuanya hingga sekarang bisnis yang didapat dari Lippo Grup menggapai kesuksesan yang begitu cemerlang. 

Kunci sukses dari Mochtar Riady adalah ia memegang filosofi Lie Yi Lian Dje. 

Dari masing-masing per kata memiliki makna yang bagus yakni, Lie yang memiliki arti ramah, Yi memiliki karakter yang baik, Lian berarti kejujuran, dan Dje bermakna memiliki rasa malu. 

Itulah jawaban siapa pemilik rumah sakit Siloam. Kisah inspiratif ini dapat Anda contoh dari perjuangan seorang yang dijuluki The Magic Man of Bank Marketing yang tak pernah pantang menyerah dalam meraih kesuksesan. 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut