get app
inews
Aa Read Next : Puncak Dies natalis ke 63 UGJ Cirebon, Ustd Wijayanto : Cetak Lulusan Berkualitas dan Berkarakter

574 Mahasiswa UMC Diwisuda, Selamat Berkarya Ditengah Masyarakat

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19:14 WIB
header img
Prosesi wisuda 574 mahasiswa UMC di Kampus 2 UMC yang berada di Watubelah, Sumber (Foto : Dede Kurniawan)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Sedikit nya 574 mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) melaksanakan Wisuda yang di laksanakan di Hall Kampus 2 Watubelah, Sumber, Sabtu (23/10/2021).

Rektor UMC, Arif Nurudin, M.T, mengatakan, mahasiswa yang baru saja di Wisuda diharapkan mampu mempertanggungjawabkan kompetisi nya dan dapat berkarya ditengah masyarakat.

"Yang diwisuda kali ini dari 18 Program Studi, semoga setelah menempuh pendidikan di UMC, mahasiswa yang di Wisuda bisa memanfaatkan ilmu yang didapatkan untuk kepentingan masyarakat," katanya.

UMC saat ini, menurut, Arif, juga terus membangun berbagai infrastuktur dan membangun kualitas menajemen dan pembelajaran yang semakin baik dibuktikan dengan telah diimplementasikannya kurikulum perguruan tinggi bermuatan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka dengan berbagai Pendekatan pembelajaran diantaranya project based learning, case method, dan Project based industry. 

"Di periode 2020 sampai 2021 UMC mampu bersaing dengan berbagai Universitas baik Negeri maupun Swasta dalam memperoleh hibah Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras bersama seluruh civitas akademika UMC termasuk pimpinan pimpinan UMC terdahulu yang luarbiasa dalam memajukan UMC, dan Secara kelembagaan UMC mampu membuka prodi baru sesuai kebutuhan masyarakat yaitu Pendidikan Profesi Guru (PPG) PGSD dan PAUD," jelasnya. 

Secara rinci jumlah prodi di setiap fakultas, dijelaskan Arif, adalah Fakultas Ekonomi dengan 2 (dua Program Sudi), Fakultas Teknik dengan 5 Program Studi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan 8 (delapan) Program Studi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan 3 (tiga) Program Studi, Fakultas Kesehatan dengan 4 Program Studi, Fakultas Agama Islam dengan 2 (dua) Program Studi dan Fakultas Hukum dengan 1 (satu) Program Studi.

"Selain daripada UMC menyelenggarakan Caturdharma (pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat serta Al Islam dan Kemuhammadiyahan) secara terpadu dan terintegrasi, selalu mendukung peningkatkan kualitas pendidikan sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi adalah misi kami, dalam rangka memujudkan cita cita menuju kampus UMC unggul, islami profesional dan mandiri. Sebagai amal usaha persyarikatan Muhammadiyah, UMC merupakan wujud nyata alat dakwah Muhammadiyah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dalam berjuang, menegakkan dan menjunjung tinggi agama islam untuk mewujudkan masyarakat islam yang sebenar benarnya adalah wajib sebagai ibadat kepada Allah SWT dan berbuat ihsan kepada masyarakat," jelasnya.

Ditambahkan, Arif, UMC “ Unggul, Merdeka, Cerdas” (unggul dalam berkarya, merdeka dalam belajar, Cerdas dalam memilih Pendidikan Tinggi). Nasrun minallah, pertolongan itu datang dari Allah, wa fathun qarib dan kemenangan itu sudah dekat. Wa bassyiril mu'minin dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang beriman.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut