get app
inews
Aa
Read Next : 10 Makanan Termahal di Dunia 2023, Auto Jadi Sultan Abis Makan Ini

10 Makanan yang Dapat Meningkatkan Libido

Kamis, 14 Oktober 2021 | 10:10 WIB
header img
Momen bercinta bersama pasangan. (Foto: Times of India)

CIREBON, iNews.id - Masalah gairah seksual yang menurun, kerap kali dihadapi banyak pasangan dan hal ini perlu diwaspadai karena akan berimbas pada rusaknya suatu hubungan rumah tangga yang sudah lama dibangun. 

Baik pria dan wanita, segala usia dapat mengalaminya. Akan tetapi, risiko lebih meningkat seiring bertambahnya usia, terutama jika Anda telah berusia di atas 40 tahun. 

Berbagai faktor dapat menjadi penyebabnya antara lain : 

1. Masalah Hubungan 

Kebahagiaan dan kenyamanan menjadi bagian terpenting dalam suatu hubungan, jika hal ini tidak ada lagi dalam hubungan maka kondisi tersebut dapat menurunkan gairah seksual Anda. 

Konflik yang berkepanjangan tanpa melahirkan suatu solusi, sering beradu argumen, hilangnya ketertarikan seksual, hilangnya kepercayaan, dan komunikasi yang buruk, bisa membuat gairah seksual menurun. 

2. Masalah seksual 

Menurunnya gairah seks dapat disebabkan oleh masalah seksual seperti disfungsi ereksi, masalah ejakulasi, penipisan atau jaringan vagina yang kering (vaginitis atrofi), kekeringan vagina, sakit saat berhubungan intim, dan lainnya. 

Ketika mengalami masalah seksual tersebut, maka Anda dapat menjadi kurang bergairah untuk melakukan hubungan intim. 

3. Kelelahan, Kegelisahan dan Stress 

Kelelahan, kegelisahan, dan stres, dapat menyita waktu, dan berdampak besar pada gairah seksual. 

4. Bertambahnya Usia 

Gairah seks yang menurun dialami banyak pria dan wanita, seiring bertambahnya usia. Penurunan kadar hormon seks dan masalah kesehatan karena usia, terutama yang membatasi pergerakan, dapat menyebabkan penurunan gairah seks. Ketika usia Anda semakin tua, maka gairah untuk melakukan hubungan seks pun berkurang. 

5. Penyakit

Masalah kesehatan juga perlu diperhatikan, penyakit kronis atau penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, dan tiroid, bisa menjadi penyebab penurunan gairah seks. 

6. Bagi Wanita menurunnya gairah seks terjadi pada saat kehamilan, persalinan dan aktivitas menyusui. 

7. Konsumsi obat 

Mengkonsumsi obat tertentu juga dapat menjadi pemicu menurunnya gairah seks. Obat-obatan tersebut diantaranya obat hipertensi yang bekerja sebagai beta blocker, seperti timolol. Selain itu, pil KB, obat yang mengandung difenhidramin dan klorfeniramin (banyak terdapat pada obat flu dan alergi) dan obat antidepresan. 

Disadari atau tidak, gairah seksual menjadi salah satu faktor pendukung yang penting dalam mempertahankan mahligai pernikahan. Oleh karenanya, penting juga untuk meningkatkan libido melalui beberapa asupan makanan

Berikut makanan yang dapat meningkatkan libido : 

1. Tiram 

Kehebatan tiram dalam meningkatkan libido sudah diakui sejak jaman romawi kuno. Melansir Health Line, asupan zinc atau seng mungkin sangat penting dalam kesuburan pria karena membantu mengatur kadar testosteron. Kandungan omega-3 dalam tiram membantu mengoptimalkan sistem saraf. Hebatnya lagi, tiram mengandung hormon dopamin yang dapat mendongkrak gairah seksual. 

2. Lobster dan Kepiting 

Kedua jenis makanan laut ini juga mengandung seng tinggi yang memicu peningkatan hormon testosteron sehingga membantu meningkatkan kesuburan pria 

3. Cokelat 

Senyawa methylxanthin dalam coklat dapat memicu pelepasan hormon dopamin yang dapat meningkatkan libido. Selain itu kandungannya menyebabkan vasodilatasi pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke semua daerah yang tepat.

4. Madu 

Selain meningkatkan imunitas, kandungan boron dalam madu dipercaya meningkatkan hormon testosteron yang dapat memicu libido seseorang. 

5. Alpukat 

Alpukat dalam bahasa Aztec disebut “Nahuatl”, yang berarti “testicle”, alias “testis. Manfaatnya sama dengan namanya, kandungan vitamin B6, vitamin E dan asam folat (vitamin seks) mampu meningkatkan aliran darah ke organ genital. 

6. Semangka 

Melansir Besthealthmag, menurut studi dari Texas A&M University’s  Department of Horticultural Sciences, semangka mengandung citrulline phytonutritia dan arginine, asam amino yang melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah sehingga dapat meningkatkan libido. 

7. Strawberry, Apel, Blueberry, Anggur merah, Anggur ungu, Ceri, Buah sitrus 

Merupakan antioksidan yang kaya akan flavonoid dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan menjaga kesehatan seksual. 

Selain itu, menurut penelitian dari Universitas California, AS, stroberi kaya akan asam folat yang berkaitan dengan produksi sperma yang tinggi pada pria. 

8. Daging sapi

Karnitin dan L-arginin yang terkandung dalam daging sapi merupakan senyawa asam amino yang memperlancar aliran darah. Kandungan Zinc atau seng juga terdapat dalam daging yang meningkatkan kadar testosteron sehingga membantu kesuburan pada pria. 

9. Kacang-kacangan, sereal dan biji-bijian 

Mengandung L-arginin dan kaya omega-3 sehingga dapat mengencerkan darah, memperlancar sirkulasi darah dan juga meningkatkan fungsi seksual. 

10. Bayam 

Memiliki kandungan nitrat yang tinggi , yang berfungsi sebagai vasodilator pembuluh darah sehingga dapat menjaga stabilitas tekanan darah, meningkatkan stamina dan mempertajam konsentrasi seseorang sehingga mampu meningkatkan kinerja seseorang. 

Dengan ini, diharapkan wanita akan merasa lebih mudah untuk mengalami orgasme dan pria akan menemukan bahwa ereksi datang lebih alami.

Kualitas hidup yang terjaga dan kesehatan tubuh yang dipelihara, keduanya mampu meningkatkan kesehatan seksual yang bermanfaat menjaga keharmonisan dalam sebuah perkawinan.




 

 

 

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut