get app
inews
Aa Read Next : Daftar Bupati Majalengka dari Masa ke Masa, Zaman Kolonial Belanda hingga Pemerintah RI

Fakta Menarik Rumah Tua Peninggalan Belanda di Klangenan Cirebon

Senin, 20 Juni 2022 | 08:00 WIB
header img
Rumah Tua Peninggalan Belanda di Klangenan, Cirebon. (Foto: Uyung Nuha)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Salah satu rumah peninggalan Belanda (pemilik keduanya adalah pamannya Arief Nuralamsyah, pimpinan sanggar seni Cipta Kawedar Putra) yang dikenal dengan umah lawas di Desa Klangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menjadi salah satu bangunan ikonik masa kolonial yang tak luput dari perhatian publik.

Rasanya, seperti berwisata sejarah bangunan cagar budaya atau mengunjungi museum.

Ada beberapa fakta menarik yang belum banyak diketahui. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Bangunan Masih Asli

Menurut Wahyu, sepupu dari Arif Alamsyah, bangunan umah lawas masih berdiri sebagaimana bentuk aslinya. Belum ada bagian-bagian yang diubah. Kecuali kaca pintu depan yang pecah dan diganti oleh pihak keluarga.

Tembok, lantai, kayu, kusen, genteng, pintu, jendela, tangga, masih seperti semula. Warna cat pintunya masih belum berubah. Juga masih banyak kursi dan lemari serta ranjang tempat tidur khas zaman dahulu.

2. Penampakan Noni Belanda

Bagi orang yang bisa melihat makhluk astral, konon kerap terlihat penampakan noni Belanda berpakaian putih dengan rambut panjang ikal pirang terurai. Ada pula yang mendengar suara-suara kaki menuruni anak tangga. Padahal, tidak ada siapa-siapa.

3. Ditawar Kolektor Rp2 Miliar

Pernah suatu ketika ada kolektor yang datang dan tertarik ingin membeli umah lawas senilai Rp2 M. Namun, pihak keluarga tidak melepaskan. Hal itu dikarenakan ingin menjaga warisan berharga dari kakek buyut.

4. Jadi Spot Foto dan Syuting Film Horor

Banyak orang yang tertarik untuk mengambil gambar estetik di rumah tua itu. Bahkan, dijadikan lokasi syuting film horor dan foto prewedding. Pihak keluarga mengizinkan untuk siapa pun mengeksplor dengan syarat meminta izin terlebih dahulu.

5. Masih Dihuni Pemiliknya

Saat ini, umah lawas masih berfungsi sebagai tempat tinggal selayak rumah pada umumnya. Tidak seperti kabar yang beredar di luar bahwa rumah tersebut kosong.

Meski tidak menyeramkan, aura mistisnya masih tetap terasa. Apakah Anda tertarik untuk berkunjung?

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut