get app
inews
Aa Read Next : Penampilan Cantik Pyramiden, Kota Hantu di Ujung Bumi

Zelensky Peringatkan soal Krisis Pangan Dunia

Rabu, 15 Juni 2022 | 13:48 WIB
header img
PBB memperingatkan perang Ukraina bisa sebabkan krisis pangan global. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky memperingatkan, bahwa dunia akan menghadapi 'krisis pangan yang parah', ketika perang Rusia di negaranya berlarut-larut. 

Hal ini disampaikan Zelensky secara virtual saat berbicara dalam Dialog Shangri-La di Singapura, akhir pekan kemarin.

Zelensky menerangkan, kepada para delegasi bahwa negaranya tidak dapat mengekspor cukup makanan karena blokade Rusia di pelabuhan Laut Hitam, yang mencegah ekspor dikirim ke negara lain. 

"Dunia akan menghadapi krisis dan kelaparan pangan yang akut dan parah," ungkapnya kepada 575 delegasi dari 40 negara pada dialog itu.

Ukraina bersama dengan Rusia merupakan salah satu produsen dan pengekspor gandum terbesar dan bahan pangan penting lainnya seperti biji-bijian dan beberapa jenis minyak nabati.

"(Krisis) pangan menyentuh Asia, Eropa, dan Afrika. Rusia telah memblokir Laut Hitam. Harga naik. Rusia melanggar hukum internasional," kata Zelenskyy dalam sesi tanya jawab setelah pidatonya. 

Zelenskyy mengatakan, bahwa perang Rusia terhadap Ukraina adalah ancaman bagi sistem hukum internasional di luar dampak pada negaranya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut