Nippon Paint Indonesia Pecahkan Rekor MURI Warnai 5.124 Kapal Nelayan di Seluruh Indonesia

Riant Subekti
Nippon Paint Indonesia Pecahkan Rekor MURI Warnai 5.124 Kapal Nelayan di Seluruh Indonesia. Foto : Istimewa

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, berbagai cara kreatif dilakukan oleh masyarakat untuk merayakan momen penting ini. Dari menghias lingkungan tempat tinggal hingga menggelar berbagai acara budaya, semuanya merupakan wujud syukur dan kebanggaan rakyat Indonesia terhadap kemerdekaan yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus.

Salah satu perayaan unik terjadi di Desa Mundupesisir, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, di mana ratusan nelayan turut serta dalam tradisi 'Sedekah Laut'. Tradisi ini merupakan bentuk ungkapan syukur atas berkah dan rezeki yang diberikan laut kepada mereka. Bersamaan dengan acara ini, para nelayan juga menghias kapal-kapal mereka dengan ornamen bernuansa kemerdekaan, menggunakan warna merah dan putih sebagai lambang nasionalisme, dan berpartisipasi dalam pawai di Laut Jawa.

Nippon Paint Indonesia mengambil peran aktif dalam perayaan ini dengan menggelar program Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk "Kapal Nelayan Merah Putih". Program ini adalah bagian dari inisiatif besar "Warnai Kehidupan #ColouringLives", yang bertujuan mendukung nelayan dan masyarakat pesisir.

"Melalui program CSR Kapal Nelayan Merah Putih, Nippon Paint berkomitmen untuk mendukung para nelayan dengan mendonasikan 76.860 liter cat kayu dan besi Bee Brand 1000 serta Nippon Copper Paint Anti-Fouling," ujar Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia.Sabtu (17/8/2024). 

"Cat ini digunakan untuk peremajaan 5.124 kapal nelayan di berbagai daerah pesisir Indonesia, menggunakan warna Merah Merdeka 1945 dan Brilliant White 1001. Kami berharap, kapal-kapal ini tidak hanya tampak lebih indah, tetapi juga lebih tahan lama dan layak digunakan untuk jangka panjang."

Cat Bee Brand 1000 adalah cat alkyd enamel premium yang dirancang khusus untuk kayu dan besi, dengan keunggulan hasil akhir yang mengkilap, cepat kering, serta memberikan perlindungan yang tahan lama. Selain itu, Nippon Copper Paint Anti-Fouling digunakan untuk melindungi kapal kayu dari teritip dan organisme laut lainnya yang bisa merusak badan kapal.

Iswandi, Ketua Paguyuban Nelayan Desa Mundupesisir, menyambut baik inisiatif Nippon Paint ini. "Kami sangat berterima kasih atas bantuan ini. Kapal-kapal yang dicat ulang tidak hanya tampak lebih indah tetapi juga lebih tahan lama, yang berarti kami bisa mengurangi biaya perbaikan dan lebih fokus pada kebutuhan pokok kami. Ini juga menambah rasa percaya diri saat kami melaut," katanya.

 

Berkat konsistensi dan komitmen dalam melaksanakan program CSR Kapal Nelayan Merah Putih sejak 2022, Nippon Paint Indonesia berhasil memecahkan rekor dan menerima penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) untuk kategori "Pengecatan Kapal Nelayan Merah Putih Terbanyak".

Piagam penghargaan rekor MURI diserahkan oleh Osmar Semesta Susilo, Direktur MURI, kepada Mark Liew. Osmar menyampaikan apresiasinya kepada Nippon Paint atas pencapaian ini, "Museum Rekor-Dunia Indonesia dengan bangga memberikan penghargaan ini kepada Nippon Paint atas rekor pengecatan 5.124 kapal nelayan di seluruh Indonesia. Semoga program seperti ini dapat menjangkau lebih banyak kawasan pesisir di masa depan."

Selain CSR Kapal Nelayan Merah Putih, Nippon Paint juga menjalankan program CSR lainnya, seperti "Gapura Merah Putih", yang telah menjadi ikon sejak 2016. Program ini bertujuan untuk memperkuat semangat persatuan dan gotong royong di seluruh Indonesia.

Pada tahun ini, Nippon Paint telah mendonasikan 131.310 liter cat untuk pengecatan 11.978 gapura di seluruh Indonesia, menggunakan produk Nippon Weatherbond Max dengan warna Merah Merdeka 1945 dan Brilliant White 1001. Mark Liew menambahkan, "Dengan pengecatan ini, seluruh gapura di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, akan memiliki warna yang seragam dan konsisten, mencerminkan semangat nasionalisme yang kuat."

Tentang Nippon Paint Indonesia

 

Didirikan pada tahun 1881, Nippon Paint adalah perusahaan manufaktur dan pelopor industri cat di Jepang. Dengan produk-produk berkualitas tinggi dan inovatif, Nippon Paint telah menjadi merek cat nomor satu di Asia Pasifik yang beroperasi di lebih dari 29 negara.

 

Di Indonesia, Nippon Paint memiliki tiga pabrik dan 80 titik distribusi, serta mempekerjakan lebih dari 3.000 tenaga kerja. Dengan komitmen kuat untuk memberikan solusi cat terbaik, Nippon Paint terus berinovasi dalam berbagai segmen, termasuk otomotif, kayu, pelindung, dan cat kapal laut. Prestasinya diakui baik secara nasional maupun internasional dengan berbagai penghargaan bergengsi, seperti Best Company for Leadership Awards in Paint Technology Asia dan Company of the Year dari Frost & Sullivan.

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network