Tokoh Muda Cirebon Suhendrik, Ingin UMKM Naik Kelas

Riant Subekti
Tokoh Muda Cirebon, Suhendrik saat menghadiri dan menjadi pembicara di Urban Women Week. Foto : Riant Subekti/iNews Cirebon

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id - Di Kota Cirebon terdapat 2.276 UMKM, di mana 48% bergerak di sektor kuliner. Hanya 25% dari UMKM tersebut yang sudah terdigitalisasi, menunjukkan perlunya peningkatan dalam adopsi teknologi digital, hal tersebut disampaikan Tokoh Muda Cirebon, Suhendrik usai menghadiri talkshow Urban Women Week, disalahsatu Kafe di Kawasan Stadion Bima, Kota Cirebon, Minggu (19/5/2024). 

Dikatan Hendrik, terdapat berbagai program pemerintah yang mendukung UMKM, baik di tingkat lokal maupun nasional. Dukungan ini mencakup pendampingan, akses pembiayaan, dan program digitalisasi.

" Untuk meningkatkan daya saing, UMKM perlu berinovasi dalam hal branding dan packaging. Contoh sukses dari brand internasional yang awalnya UMKM, menunjukkan pentingnya menjaga kualitas dan memiliki strategi marketing yang efektif" ujar Hendrik. 

Selain digitalisasi, UMKM membutuhkan pendampingan yang efektif dan akses pembiayaan. Banyak UMKM terkendala oleh masalah kolateral atau jaminan, meskipun ada program kredit tanpa bunga dan dukungan lainnya dari pemerintah.

" Pentingnya aktivasi anak muda dan kreativitas perempuan dalam mengembangkan UMKM" katanya. 

Menurut Hendrik, acara yang melibatkan anak muda perempuan, seperti yang dilakukan oleh Urban Women Week di Kota Cirebon perlu diapresiasi dan ditingkatkan.

" Semoga upaya dan program yang ada dapat membantu UMKM di Cirebon naik kelas dan berdaya saing lebih tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional" pungkas Hendrik. 

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network