Antisipasi Cuaca Ekstrem pada Libur Nataru 2023, KAI Daop 3 Cirebon Tempatkan AMUS di 17 Titik

Riant Subekti
Pastikan Perjalan Aman, KAI Daop 3 Tempatkan AMUS di 17 Titik Perlintasan. Foto : Riant Subekti

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id -  Bertepatan dengan masa angkutan Natal dan Tahun Baru ( Nataru ) 2023, guna mengantisipasi cuaca extrem , PT KAI Daop 3 Cirebon meminimalisir potensi bahaya akibat bencana yang mungkin dapat mengganggu perjalanan KA.

Dengan memperekuat penahan tanah pada lokasi rawan amblas dengan retaining wall maupun bronjong serta penempatan AMUS (Alat Material Untuk Siaga) di 17 titik yaitu di Stasiun Pabuaran, Pasirbungur, Pegaden Baru, Haurgeulis, Terisi, Jatibarang, Arjawinangun, Cirebon, Cirebon Prujakan, Babakan, Tanjung, Bulakamba, Brebes, Sindang Laut, Ciledug, Ketanggungan, dan Songgom. 

Tidak hanya itu PT.KAI Daop 3 Cirebon juga menyiapkan petugas penilik jalan (PPJ) ekstra 45 orang, penjaga jalan lintas (PJL) ekstra 10 orang, dan 12 orang petugas posko daerah rawan ekstra pada 6 titik 10 lokasi. 

Petugas dan perlengkapan tersebut disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas KA untuk memantau apabila terjadi kondisi yang dapat menghambat perjalanan KA.

Vice Presiden Daerah Operasi 3 Cirebon, Takdir Santoso menyampaikan Selama Masa Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 menyiapkan Armada Sarana yang handal baik lokomotif dan Kereta, Untuk Lokomotif Daop 3 Cirebon menyiapkan 14 Lokomotif seri CC 201 dan 206 sedangkan untuk kereta menyiapkan 2 Trainset untuk KA Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir, 2 Trainset untuk KA Ranggajati relasi Cirebon-Jember dan 2 Trainset untuk KA Argo Cheribon tambahan relasi Ciebon-Gambir. 


KAI Daop 3 Cirebon Menyiapkan Kereta Tambahan Hadapi Libur Nataru 2023

 

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon menyediakan 82.422 tempat duduk selama masa angkutan Natal dan tahun baru 2023 keberangkatan dari Stasiiun wilayah Daop 3 Cirebon tujuan Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jember.

Untuk Tujuan Jakarta dengan kereta api Argo Cheribon terdapat 41.994 tempat duduk, tujuan Jawa Timur dan Jember dengan KA Ranggajati terdapat 9.108 tempat duduk sedangkan tujuan Jawa Tengah dengan KA Kaligung sebanyak 32.320 tempat duduk. Diperkirakan tanggal 24 Desember 2022 puncak kedatangan masyarakat dan 1 Januari 2023 akan menjadi puncak masyarakat akan menggunakan jasa kereta api. Sedang persiapan kereta api (KA), selama angkutan Nataru di wilayah Daop3 Cirebon, akan ada perjalanan 155 KA, dengan rincian KA reguler sebanyak 87 KA, KA tambahan Nataru sebanyak 30 KA, dan KA barang sebanyak 38 KA.

” KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dari jauh-jauh hari, dan saat ini tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 masih cukup banyak tersedia. Pada masa Nataru ini, KAI menjual tiket mulai H-45 Keberangkatan” Ujar Takdir Santoso.

KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api. Untuk menggunakan Kereta Api Jarak Jauh dan KA Lokal/Aglomerasi sesuai SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 dan menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementrian Kesehatan Nomor HK.02.02/11/3984//2022 tentang kesiapsiagaan Menghadapi Libur Hari Raya Natal Tahun 2022 dan Tahun baru 2023. 

Untuk informasi lebih lanjut terkait KA Tambahan dan penjualan tiket pada masa Angkutan Nataru, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network