Mantan Tukang Becak Asal Cirebon yang Sukses Jadi Juragan Garam, Raup Untung Rp400 Juta per Bulan

Tim Liputan
Kisah sukses mantan tukang becak asal Cirebon yang jadi jurangan garam. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Mantan tukang becak asal Cirebon yang sukses menjadi juragan garam, bahkan dapat meraup keuntungan Rp400 juta per bulan.

Melansir dari iNews.id, Sanim pria asal Cirebon ini hanya pernah mengenyam pendidikan hingga kelas 4 Sekolah Dasar (SD) saja tentu bingung mencari pekerjaan, saat itu yang terlintas hanya mampu bekerja sebagai tukang becak.

Sanim memang sudah memiliki modal tekun dan giat sejak awal. Walau berpenghasilan minim, Sanim tetap giat mengayuh becaknya setiap pagi hingga sore hari.

Dari hasilnya mengayuh becak, ia belum mampu memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari sehingga Sanim harus memutar otak untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Kemudian Sanim memutuskan untuk menjadi buruh pada sebuah pabrik yang saat itu membuka lowongan besar-besaran. Ia berharap taraf hidupnya bisa meningkat sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Waktu terus berlalu, dengan tekun dan gigih, ia terus semangat menjalani pekerjaannya. Pendapatannya pun kian bertambah, ia kemudian memberanikan diri keluar dari pekerjaannya dan mencoba membuka usaha sendiri.

Saat itu, Sanim melihat usaha garam sedang maju-majunya, ia sadar bahwa potensi bisnis garam akan berkembang pesat asal dikelola dengan baik. Atas dasar tersebut, dia memutuskan untuk membuka usaha garam sendiri. 

Bersama istrinya, dia mencoba mendirikan produksi garam di sekitar area rumah yang perlahan tapi pasti usahnya semakin berkembang dan mengalami kemajuan pesat.

Memang tak selalu mulus, Sanim sempat terkendala masalah modal yang entah tidak tahu harus cari di mana. Ia pernah mencoba meminjam uang ke bank, namun ditolak dengan alasan keadaan tempat usahanya tidak akan mendatangkan profit.

Usahanya tak sampai di situ Sanim mengitari berbagai bank hingga dia menemukan bank yang mau meminjamkan uangnya sehingga usahanya masih bisa terus berlangsung.

Usaha dan kerja kerasnya tak sia-sia, kini ia mampu meraup keuntungan hingga Rp400 juta per bulan, bahkan jika usahanya meningkat keuntungan setengah miliar lebih sudah pasti ditangannya.

Kini, ia juga memiliki 2 pabrik besar sebagai tempat produksi garamnya dengan ratusan karyawan. Lebih dari enam truk besar siap mendistribusikan garam hasil produksinya. Selain itu, ia juga telah memiliki 10 unit mobil berkat hasil kerja kerasnya.

Itulah kisah sukses mantan tukang becak asal Cirebon yang sukses jadi juragan garam. Semoga kisah suksesnya dapat diikuti oleh yang lainnya dan tetap semangat dalam berjuang menghadapi hidup hingga meraih impian dan cita-cita.

 

 

 

 

 

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network