Begini Kisah Nyi Mas Gandasari yang Petilasannya Porak Poranda Diterjang Pohon Tumbang

Dede Kurniawan
Petilasan atau situs Nyi Mas Gandasari yang porak poranda diterjang pohon tumbang (Foto: Dede Kurniawan)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Nyi Mas Gandasari adalah adalah seorang putri Sayyid Malik Sholeh dari Aceh yang dibawa oleh Ki Kuwu Cirebon ke Jawa.

Dengan tujuan mengislamkan Raja Galuh, Ratu Mas berupaya dengan berbagai cara, yaitu menyamar (berubah wujud) menjadi perempuan cantik dan oleh Syech Syarif Hidayahtullah diberi sebutan Nyi Mas Ratu Ayu Gandasari.

Dikutip dari laman https://kasugengankidul.desa.cirebonkab.go.id menyebutkan Nyi Mas Ratu Ayu Gandasari dibawa ke Jawa sejak kecil dan diangkat anak oleh Ki Kuwu Cirebon atau Ki Ageng Selapandan, atau Pangeran Cakrabuana, yang masih keturunan Prabu Siliwangi, dan sebutan Nyi Mas Ratu Ayu Gandasari diberikan oleh Sunan Gunung Jati setelah menjadi muridnya.

Karena kesaktian dan kepintaran Nyi Mas Ratu Ayu Gandasari, maka Raja Galuh dari Majalengka yang beragama Hindu bisa ditaklukkan. Nyi Mas Ratu Ayu Gandasari juga ikut berjasa dalam menyebarkan agama Islam di wilayah Cirebon.

Dalam sebuah sayembara yang diselenggarakan untuk mendapatkan jodoh, Nyi Mas Ratu Ayu Gandasari dikalahkan oleh Syekh Magelung. Keduanya kemudian dijodohkan oleh Sunan Gunung Jati dan menjadi suami isteri.

Editor : Miftahudin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network