6 Pelatih Sepak Bola Asal Indonesia hingga Ada yang Berkarir di Luar Negeri

Tim Litbang MPI
Kurniawan Dwi Yulianto kini berkiprah sebagai asisten pelatih di klub kasta kedua liga Italia, Como 1907. Foto: Ist

4. Andi Santoso 

Ada yang menarik pada gelaran Piala AFF U-18 tahun 2019 lalu. Ketika itu, Timnas Indonesia berhadapan dengan Timnas Timor Leste, yang dilatih oleh pelatih asal Indonesia, Andi Santoso.  

Sebelum menangani Timnas Timor Leste pada 2017 Andi melatih klub Atletico Ultramar FC dan berhasil meraih juara di kasta kedua Liga Timor Leste. Tak hanya itu, klub besutannya itu juga menjuarai turnamen 12 November Cup. Karier pelatih Andi Santoso di luar negeri telah dimulai pada 2015. 

Waktu itu, dia melatih Bangu Atletico Clube di Brasil dan sukses sebagai juara BTV International Football Tournament. Di Tanah Air, nama Andi Santoso mulai dikenal publik ketika dipercaya melatih Sriwijaya FC U-21.

5. Kurniawan Dwi Yulianto 

Jelas saja, nama Kurniawan Dwi Yulianto sudah tidak asing lagi dalam dunia sepak bola Indonesia. Selain dikenal sebagai pemain legenda Timnas Indonesia, pria kelahiran 13 Juli 1976 ini  juga merupakan seorang pelatih yang kompeten. Usai gantung sepatu, Kurniawan dipercaya untuk melatih beberapa tim sepak bola. 

Berbekal lisensi AFC Pro, pemain yang dijuluki Si Kurus ini menerima tawaran untuk melatih Sabah FA, klub sepak bola asal Malaysia pada 2019. Sayang, kariernya bersama Sabah FA mendapatkan rentetan hasil yang tidak begitu baik, hingga akhirnya dia pun resmi diberhentikan di tahun 2021.  

Kurniawan Dwi Yulianto kini berkiprah sebagai asisten pelatih di klub kasta kedua liga Italia, Como 1907, dengan durasi kontrak lima tahun. 

Bergabung di Como 1907 juga merupakan langkah bagi Kurniawan untuk mengejar Lisensi UEFA Pro. Di sana dia melatih gelandang peraih trofi Piala Dunia 2010 bersama Spanyol, Cesc Fabregas. 

Editor : Miftahudin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network