MIE GACOAN, siapa yang tidak kenal dengan jenis brand kuliner satu ini. Kesuksesannya kerap terlihat dengan mbludaknya antrean yang mengular di setiap gerai yang dibukanya. Lantas apa resep kesuksesannya?
Sejarah Mie Gacoan
Mie Gacoan merupakan bisnis yang mengusung konsep mi pedas dengan beragam level.
Pada awal munculnya bisnis ini, konsep kuliner mi pedas ini belum begitu menjamur. Mie Gacoan hadir dengan mi pedas yang dilumuri sambal cabe melimpah dan cita rasa gurih yang memanjakan lidah.
Rasa pedasnya semakin menonjol karena mi dan bumbu pedas digoreng dengan api panas. Bagi para pecinta makanan pedas, Mie Gacoan tentu menjadi kuliner wajib yang mereka cari.
Pesatnya perkembangan bisnis Mie Gacoan ini tidak terlepas dari ide brilian pengusaha muda bernama Harris Kristanto. Harris sendiri memiliki background pendidikan yang tidak jauh dari bisnis dan ekonomi. Ia adalah seorang Sarjana Ekonomi dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (2007-2010).
Sebelum dikenal seperti sekarang, Harris bersama tiga kawannya mengawali bisnis kuliner ini di Malang. Tak disangka, bisnis mi pedas ini berhasil dan akhirnya diperluas dengan membuka cabang di berbagai kota.
Untuk meningkatkan bisnisnya, Harris Kristanto pun bekerja sama dengan jasa pesan antar makanan seperti GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood. Strategi bisnis yang dipilihnya ini rupanya terbukti berhasil. Strategi bisnis ini mampu meningkatkan keuntungan Mie Gacoan hingga 40-50 persen.
Hingga saat ini, Mie Gacoan telah memiliki banyak cabang yang tersebar di lebih dari 20 wilayah Jawa dan Bali. Harris dan ketiga rekannya berhasil mempekerjakan lebih dari 3.000 karyawan dengan target tahun ini mencapai 5.000 karyawan dan 100 store Mie Gacoan di seluruh Indonesia.
Strategi Bisnis Mie Gacoan Mempertahankan Pamornya
Kesuksesan dan melejitnya popularitas Mie Gacoan hingga memiliki puluhan cabang di beberapa kota tentu tak luput dari strategi marketing yang diterapkan Harris Kristanto dan rekan-rekannya. Beberapa strategi bisnisnya antara lain sebagai berikut.
1. Harga yang Terjangkau
Dilihat dari harganya, Mie Gacoan dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau. Sebagai brand mi pedas yang terkenal, Mie Gacoan menyajikan berbagai varian mi dengan harga yang terbilang murah.
Satu porsi Mie Gacoan hanya dibandrol dengan kisaran harga Rp10-20 ribu saja. Tak heran, mi pedas yang satu ini banyak diburu.
2. Branding sebagai Mi Pedas No.1
Mie Gacoan juga melakukan strategi branding yang baik yang sesuai dengan target marketnya. Dengan kualitas rasa yang terjamin, pelayanan yang baik, serta harga yang murah, Mie Gacoan melabeli dirinya sebagai ‘Mi Pedas No.1’ di Indonesia.
Strategi inilah yang kemudian mendorong Mie Gacoan banyak diminati dari berbagai kalangan karena penasaran dan ingin mencoba.
3. Kedai yang Nyaman
Hal lainnya yang membuat Mie Gacoan banyak diburu penikmat kuliner pedas dari berbagai kalangan adalah tempat yang nyaman.
Kenyamanan kedai tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Konsep outlet Mie Gacoan memang menyediakan tempat yang nyaman untuk ngobrol dan duduk santai.
Outlet Mie Gacoan juga dilengkapi dengan wifi serta fasilitas colokan listrik sehingga enak untuk mengerjakan tugas. Inilah yang membuat Mie Gacoan banyak sangat populer di kalangan mahasiswa.
Itulah kisah sukses Mie Gacoan dan sejarah berdirinya hingga menjadi kuliner mi pedas nomor satu di Indonesia.
Editor : Miftahudin
Artikel Terkait