get app
inews
Aa Read Next : Calon Kepala Desa di Cirebon, Wajib Ikuti Tes Akademik

Fantastis! Calon Kuwu di Desa Gempol Mencapai 14 Orang

Rabu, 06 Oktober 2021 | 17:41 WIB
header img
Kepala Bidang Administrasi dan Pemerintahan desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon, Aditya Arif Maulana (foto: ist)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Desa Gempol, Kecamatan Gempol menjadi desa yang paling banyak bakal calon Kuwu yang mendaftar pada panitia Pemilihan Kuwu desa setempat. Tidak tanggung-tanggung, 14 orang mendaftar untuk dipilih pada Pilwu Serentak yang akan dilaksanakan pada November 2021 yang akan datang.

Ke 14 bakal calon Kuwu yang sudah mendaftarkan diri panitia  setempat adalah : Aan kunaedi, Dedi Mulyadi, Muknan, Supendi, Umar, Jaya, Sumbada, Sri widayanti, Verry, M taufik, prayitno, Dedi, Nining M, dan Mega S.

Kepala Bidang Administrasi dan Pemerintahan desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah desa (DPMD) Kabupaten Cirebon, Aditya Arif Maulana, mengatakan, dari hasil penjaringan yang dilakukan oleh panitia tingkat desa, ada sekitar 19 desa yang bakal calon Kuwu nya melebihi 5 orang. Sedangkan berdasarkan aturan yang ada yakni Perbup no 74 tahun 2021 disebutkan Calon Kuwu yang akan mengikuti pelaksanaan Pilwu Serentak di ikuti oleh minimal 2 maksimal 5 calon.

"Untuk yang bakal calon yang melebihi 5 bakal calon, makan nanti akan dilaksanakan tes akademik untuk memilih 5 orang yang nantinya akan ditetapkan menjadi Calon Kuwu," ujar Aditya, Rabu (6/10/2021).

Selain desa Gempol, menurut Aditya, jumlah masyarakat yang mendaftar diri sebagai bakal calon yang banyak juga ada di desa Panguragan Wetan dengan jumlah bakal calon sebanyak 10 orang.

"Ada 19 desa yang jumlah Bakal Calonnya lebih dari 5 orang, dan yang lebih dari 5 orang ini nantinya akan mengikuti tes akademik yang menghasilkan 5 bakal calon dan nanti ditetapkan menjadi Calon Kuwu," tambahnya.

Ditambah Aditya, untuk bakal calon yang akan mengikuti tes akademik nanti jumlahnya sekitar 138 orang, yang pelaksanaannya nanti akan dilaksanakan di Kampus UMC.

"Dari 138 peserta tes akademik itu, 14 peserta merupakan Kuwu petahana," tambahnya..

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut