get app
inews
Aa Read Next : Wujud Komitmen Cetak Pemain Sepak Bola Sejak Dini, Ini yang Dilakukan Yayasan Birruna Cirebon

PSSI Tanggapi Tuduhan Belum Bayar Wasit Liga 3 Nasional dan Piala Soeratin

Sabtu, 04 Juni 2022 | 14:10 WIB
header img
Timnas U-23 Indonesia berhasil meraih medali perunggu pada cabor sepak bola di  SEA Games XXXI  Vietnam, setelah melalui drama adu penalti melawan Malaysia dengan skor 4-3 (1-1) di  Stadion My Dinh,  Hanoi, Vietnam, Minggu (22/5/2022). (Foto:doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Viral di media sosial soal tuduhan PSSI belum membayar gaji wasit Liga 3 Nasional dan Piala Soeratin. PSSI pun angkat bicara soal kabar itu. 
Kabar itu awalnya viral di media sosial beberapa hari lalu. Para wasit Liga 3 mengeluh gaji mereka tidak dibayar. 

Selain wasit Liga 3, wasit pada Piala Soeratin juga dikabarkan banyak yang belum menerima gaji.

Kabar tersebut disampaikan di media sosial melalui akun dengan nama pengguna @pengamatsepakbola. Selain gaji, tiket pesawat dan uang makan para wasit tersebut juga dikabarkan belu dibayar.

Unggahan tersebut lantas mendapat sorotan dari peneliti hukum olahraga, Eko Noer Kristiyanto. Pria yang terkenal dengan panggila Eko Maung itu menyebut bahwa PSSI telah berbuat zalim.

“Betapa zalim, belum memberikan hak hingga keringat yang bekerja telah mengering,” kata Eko Maung pada unggahan tersebut. 

Kepala Wasit PSSI, Andesit Listyanto meluruskan kabar tersebut. Andesit mengatakan PSSI sudah membayarkan honor para wasit Liga 3.

“Jadi tidak benar bahwa seluruh perangkat pertandingan belum dibayar oleh PSSI di Liga 3 dan Piala Soeratin, emmang sistem pembayarannya itu bertahap dan ada pembayaran saja,” kata Andesit dilansir laman resmi PSSI, Kamis (2/6/2022).

Meski demikian, dia mengatakan ada beberapa gaji wasit di Liga 3 yang belum dibayar. Hanya saja, hal itu khusus bagi wasit-wasit yang bermasalah. 

"Selain itu ada sejumlah wasit bermasalah yang honornya belum kita berikan, arahan tersebut dari pak Sekjen Yunus Nusi sebagai efek jera kepada perangkat pertandingan yang bermasalah dan tidak benar menjalankan tugas,” tuturnya.

Saat ini total uang gaji yang sudah digelontorkan PSSI senilai Rp1,1 miliar. 

Dia menegaskan PSSI akan selalu memperhatikan kesejahteraan wasit. 

“PSSI menyayangkan sejumlah media yang menayangkan hal ini tanpa melakukan konfirmasi dulu ke pihak PSSI,” tuturnya.
 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut