Logo Network
Network

Ariel Tatum Jalani Ritual Penyucian Diri Melukat, Upacara Tradisi Umat Hindu

Siska Permata Sari
.
Sabtu, 28 Mei 2022 | 09:43 WIB
Ariel Tatum Jalani Ritual Penyucian Diri Melukat, Upacara Tradisi Umat Hindu
Ariel Tatum menjalani ritual melukat. (Foto: doc. iNews.id).

JAKARTA, iNews.id - Belum lama ini, aktris Ariel Tatum sempat menggegerkan publik usai mengunggah fotonya sedang menjalani ritual melukat, upacara tradisi umat Hindu.

Potretnya sedang menjalani melukat tersebut dibagikannya lewat media sosial Instagram.

“Untuk bisa terhubung lagi dengan pikiranku, tubuh, jiwaku adalah sebuah pengalaman yang melelahkan, menakjubkan tapi luar biasa hingga aku tak akan menukarnya dengan hal lain di dunia,” kata Ariel Tatum di Instagramnya.

Dalam potretnya itu, tampak pemain film ‘Selesai’ ini begitu khusyu menjalani ritual tersebut. Selain Ariel Tatum, ada sejumlah artis lain yang pernah menjalani melukat di Bali.

Di antaranya saja, Nora Alexandra, Nikita Willy, Raline Shah, Jessica Iskandar, hingga Pevita Pearce. Sebenarnya apa sih ritual melukat? Mari mengenal melukat, ritual penyucian diri yang pernah dijalani Ariel Tatum, seperti dirangkum pada Jumat (27/5/2022).

Melansir dari situs Dinas Kebudayaan, melukat adalah upacara yang dilakukan untuk membersihkan jiwa dan pikiran dalam diri manusia.

Tradisi ini dilakukan untuk membersihkan energi-energi negatif dari diri manusia lewat bantuan dari alam semesta. Adapun, melukat ini berasal dari kata sulukat yakni su yang berarti baik dan lukat yang artinya pensucian.

Prosesi melukat ini biasanya dilaksanakan pada hari-hari baik agama Hindu. Misalnya pada waktu Purnama, Tilem, dan Kajeng Kliwon.

Tata cara ritual melukat sendiri dipimpin oleh seorang pemangku. Untuk menjalani ini, ada sesajian seperti prascita dan bayuan yang disiapkan dengan diberikan mantra-mantra.

Orang yang akan menjalani ritual ini pun terlebih dahulu diberikan mantra oleh pemangku. Setelah proses pemantraan selesai, orang yang menjalani ritual melukat akan disiram dengan air kelapa gading.

Setelah itu, ritual dilanjutkan dengan pemandian di danau, sungai, atau tempat yang diyakini dapat membawa berkat. Misalnya saja di tempat bersejarah, di Pura, ataupun tempat-tempat pemandian dan laut yang ada di Bali.

Biasanya, melukat di Bali dilakukan di pura Tirtha Empul, Tampaksiring, Bali.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini