get app
inews
Aa
Read Next : Kisah Pak Johanes Bertahan Hidup 10 Tahun di Dalam Rumah Terbengkalai

Meski Terkesan Angker, 3 Gedung Kosong di Dunia Ini Viral, Salah Satunya Ada di Indonesia

Selasa, 24 Mei 2022 | 00:23 WIB
header img
Rumah Sakit Gonjiam, Korea Selatan. (Foto: Shutter Stock)

JAKARTA, okezone.com - Sebagai simbol peradaban, manusia kerap membangun gedung-gedung tinggi dengan desain unik yang mengandung nilai-nilai estetika di dalamnya.

Tetapi, nasib gedung-gedung tersebut terkadang tidak bisa ditebak. Banyak yang dipertahankan sesuai fungsinya, ada pula yang dibiarkan kosong tak berpenghuni dan lapuk dimakan usia hingga menimbulkan kesan menyeramkan.

Berikut 3 bangunan kosong di dunia yang kini viral dan salah satunya ada di Indonesia.


1. Menara Saidah, Indonesia

Jika berbicara tentang gedung kosong yang terkenal, nama Menara Saidah sudah pasti ada dalam daftarnya. Dibangun pada tahun 1995 dan rampung pada tahun 1998, gedung ini berlokasi di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur. Meski sudah rampung di tahun 1998, Menara Saidah baru diresmikan tiga tahun setelahnya, yakni di tahun 2001.

Sekilas tidak ada yang aneh apabila melihat desain Menara Saidah. Dari penampakannya, gedung ini menggunakan desain gaya bangunan klasik romawi. Dengan ketinggian 24 lantai, keberadaan Menara Saidah sedikit lebih mencolok dibanding gedung sekitarnya.

Berdasarkan berbagai sumber, sekitar 34 perusahaan sempat menyewa ruang kantor di Menara Saidah. Namun, harga sewa gedung yang terus naik memaksa perusahaan-perusahaan pindah dari gedung tersebut. Semakin lama Menara Saidah semakin sepi penyewa dan akhirnya resmi dikosongkan tahun 2007.

Setelah kosong, mulai beredar kabar burung tentang gedung ini. Salah satu kabar yang paling terkenal adanya cerita mistis serta konstruksi gedung yang miring. Kabarnya, banyak masyarakat sekitar yang mengaku pernah melihat makhluk tak kasat mata di Menara Saidah. Bahkan pengemudi ojek online juga kerap menerima pesanan fiktif dari ‘penghuni’ gedung ini.

2. Rumah Sakit Gonjiam, Korea Selatan

Gedung yang diduga bekas rumah sakit jiwa ini memang sudah terkenal akan suasana mistis. Kisah angkernya gedung Rumah Sakit Gonjiam bahkan sampai diangkat ke layar lebar pada tahun 2018 dengan judul Gonjiam: Haunted Asylum.

Namun, alasan mengapa gedung rumah sakit ini ditinggalkan ternyata sama sekali tidak berkaitan dengan kisah horor. Mengutip Atlas Obscura, Rumah Sakit Gonjiam tutup pada tahun 1990-an karena alasan ekonomi hingga sistem pembuangan limbah yang bermasalah. Akibatnya, pemilik rumah sakit pun pergi meninggalkan Gonjiam dan berhenti merawat gedung atau tanah yang ada di sekitarnya.

3. Haludovo Palace Hotel, Kroasia

Gedung mewah dengan gaya abad pertengahan bernama Haludovo Palace Hotel dibuka pada tahun 1971. Mewahnya arsitektur hotel ini lantas menarik banyak turis ke pulau kecil Krk di Kroasia. Pendiri Penthouse Magazine Bob Guccione bahkan sempat menaruh investasi sebesar 45 juta dolar AS atau sekitar 662 miliar rupiah. Dengan biaya tersebut, properti terus dibangun dengan mewah dan berubah menjadi Penthouse Adriatic Club Casino.

Namun sayangnya, pada awal tahun 1990an, Pulau Krk bukan lagi menjadi destinasi favorit turis. Akibatnya, bangunan ini ditinggalkan penghuninya dan kosong hingga kini.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut