Logo Network
Network

Daftar 5 Tempat Bersejarah di Balik Proklamasi Kemerdekaan, Yang Mana Favoritmu?

Ami Heppy S
.
Sabtu, 28 Mei 2022 | 15:23 WIB
Daftar 5 Tempat Bersejarah di Balik Proklamasi Kemerdekaan, Yang Mana Favoritmu?
Gedung Joang 45 Kemerdekaan Indonesia ini masih ada hingga sekarang. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah tempat bersejarah di balik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ini masih ada hingga sekarang. Bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. 

Banyak tempat-tempat di Indonesia yang menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa meraih kemerdekaan. Berikut ini 5 tempat bersejarah di balik proklamasi kemerdekaan Indonesia. Apa saja? 

1. Gedung Joang 45 

Gedung Joang 45 atau yang dahulu dikenal dengan Gedung Menteng Raya 31 merupakan salah satu tempat bersejarah di balik proklamasi kemerdekaan Indonesia. 

Pada masa kolonial Belanda, bangunan yang dibangun pada tahun 1938 ini digunakan oleh pemerintah Belanda sebagai hotel dengan nama Hotel Schomper I.  Kemudian, setelah Belanda menyerah pada Jepang pada 8 Maret 1942, bangunan ini diambil alih oleh Jepang dan diserahkan kepada Gunseikanbu Sendenbu (Jawatan Propaganda Jepang). 

Atas izin Gunseikanbu Sendenbu, bangunan ini dijadikan sebagai tempat pendidikan politik sekaligus asrama pemuda Indonesia. Beberapa pemuda yang menempuh pendidikan politik di asrama ini misalnya Wikana, Chairul Saleh, Adam Malik, D.N. Aidit, dan sebagainya. 

Pada awalnya, Jepang bermaksud untuk mendidik para pemuda tersebut untuk menjadi kader politik demi kepentingan Asia Timur Raya. Pendidikan politik tersebut kemudian dimanfaatkan oleh para tokoh bangsa untuk menanamkan cita-cita kemerdekaan Indonesia tanpa campur tangan Jepang. 

Pelajaran-pelajaran yang yang didapat dari asrama ini kemudian disebarluaskan kepada pemuda-pemuda di seluruh Indonesia. 

2. Rumah Rengasdengklok  

Rumah Rengasdengklok ini merupakan rumah milik seorang Tionghoa bernama Djiaw Kie Siong. Rumah ini erat kaitannya dengan peristiwa penculikan Bung Karno dan Hatta oleh kaum pemuda. Penculikan ini dilakukan pada malam menjelang kemerdekaan Indonesia. 

Tujuan dari aksi ini adalah agar Soekarno-Hatta dari pengaruh Jepang. Selain itu, saat penculikan tersebut golongan muda juga mendesak Soekarno untuk segera mengumumkan kemerdekaan Indonesia. 

3. Tugu Proklamasi 

Tugu Proklamasi berada di kompleks Taman Proklamasi di Jalan Proklamasi atau yang dulu disebut Jalan Pegangsaan Timur No 56, Jakarta Pusat.  Di tempat inilah Soekarno membacakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia untuk pertama kalinya. Di sini terdapat monumen dua patung Soekarno-Hatta berukuran besar yang berdiri berdampingan. 

4. Museum Perumusan Naskah Proklamasi 

Museum Perumusan Naskah Proklamasi terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Bangunan ini pada awalnya merupakan kediaman Laksamana Maeda yang menjadi tempat perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. 

5. Radio Republik Indonesia 

Tempat bersejarah di balik proklamasi kemerdekaan Indonesia selanjutnya adalah Radio Republik Indonesia (RRI). RRI memiliki peran penting dalam menyebarluaskan berita proklamasi hingga ke seluruh penjuru dunia, termasuk Eropa dan Amerika. 
Hingga saat ini, RRI masih mengudara dan memberikan berbagai informasi untuk masyarakat. Itulah, 5 tempat bersejarah di balik proklamasi kemerdekaan Indonesia yang harus kita ketahui sebagai generasi penerus bangsa. 

Sudah sepatutnya kita menjaga tempat-tempat tersebut sebagai bagian dari sejarah kemerdekaan bangsa.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini