get app
inews
Aa
Read Next : 12 Bangunan Bersejarah yang Masih Kokoh Berdiri, Nomor 2 Jadi World Heritage

Inilah Pilihan Bangunan Tua di Cirebon yang Cocok untuk Berswafoto

Kamis, 18 November 2021 | 17:52 WIB
header img
Banguna tua di Klangenan (Foto: Saeful)

CIREBON, iNews.id - Cirebon selain terkenal dengan kuliner dan peninggalan bersejarah, juga ternyata memiliki bangunan kuno sangat cocok untuk berswafoto dan memiliki lokasi yang instagramable.

Lalu tempat mana saja yang menjadi pilihan pecinta foto dan penyuka fotografer untuk menjadi objek jepretanya. Berikut tempat yang menjadi alternatif pilihan.

1. Pabrik Gula Gempol  
 
Dalam sejarahnya Cirebon memiliki cerita panjang berkaitan produksi gula, terutama sejak tahun 1840-an. Salah satunya yakni peninggalan belanda yang hingga kini masih bisa kita lihat dan dinikmati untuk menjadi objek atau latar belakang foto.

Pabrik milik PT PG Rajawali II ini terletak di Desa Gempol, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon.

Pabrik gula tersebut beroperasi sejak 1847. Meskipun sejak tahun 1995 sudah tidak beoperasi lagi, namun pabrik gula Gempol masih tetap dijaga selama 24 jam oleh Satpam demi menjaga keamanan. 
Cerobong asap setinggi kurang lebih 30 meter tersebut menjadi ikon daripada pabrik gula Gempol yang tidak pernah dilupakan sejarahnya.

Terlepas dari sejarah, pabrik gula Gempol sangat cocok untuk tempat berfoto. Apalagi di waktu sore, untuk menikmati sunset. Bagi yang ingin mencoba berfoto di lokasi tersebut, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5000.


Pabrik Gula Gempol (Foto: Saeful)

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut