get app
inews
Aa Read Next : Ini Spesifikasi Rudal Starstreak Yang Diterima Yon Arhanudse 14/PWY Cirebon

Yon Arhanudse 14/PWY Cirebon, Kini Dilengkapi Senjata Baru Rudal Jelajah Starstreak

Selasa, 28 September 2021 | 13:18 WIB
header img
Yon Arhanudse 14/PWY Cirebon, kini dilengkapi senjata baru rudal jelajah starstreak (foto: rian subekti)

KOTA CIREBON, iNews.id–Ratusan Anggota TNI Bersiaga dan Puluhan kendaraan tempur milik TNI AD berjejer di Jl Raya Pilang Cirebon, namun hal tersebut bukan negara dalam keadaan genting, ternyata hari ini Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Yon Arhanudse) 14/PWY Cirebon menerima alat utama sistem kesenjataan (alutsista) terbaru dan canggih berupa rudal jelajah Starstreak, Selasa (28/9/2021)

Hal tersebut sampaikan Komandan Batalyon (Danyon) Arhanudse 14/PWY Cirebon, Letkol (Arh) Haris Atmaja Adinata

“Hari ini kita teima senjata baru berupa rudal jelajah starstreak untuk melindungi objek vital wilayah Cirebon, Subang dan Purwakarta. Dan pertahanan rudal jelajah ini hanya ada satu-satunya di wilayah Jawa Barat,” ungkapnya.

Letkol (Arh) Haris Atmaja menyebutkan, Yon Arhanud 14/PWY Cirebon juga menerima sebanyak 2.000 unit rudal jelajah.

“Jadi, kita satu baterai dapat rudal jelajah itu. Dan kami simpan di markas Pilang. Sedangkan meriam-meriam yang kami punya masih tetap aktif dipergunakan. Rudal jelajah ini sebagai senjata tambahan untuk pertahanan di Jawa Barat,” sebutnya.

Perlu diketahui, Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Yon Arhanudse) 14/Pratiti Wira Yudha (PWY) merupakan Satuan Bantuan Tempur Organik langsung di bawah garis Komando Kodam III/Siliwangi yang bermarkas di Kota Cirebon.

Baterai Markas Yon Arhanud-14 berada di Jalan Raya Pilang, Kota Cirebon, satu tempat dengan Baterai Q. Sedangkan Baterai P berada di Plumbon dan Baterai R di Indramayu.

Sedangkan Tugas Pokok Yon Arhanud 14/PWY di antaranya melaksanakan perlindungan udara aktif dengan menghancurkan, meniadakan atau mengurangi daya guna dan hasil guna serangan udara musuh. Serta mendukung stabilitas wilayah yang kondusif.

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut