get app
inews
Aa Read Next : Sri Mulyani Sahkan Tunjangan Tambahan PNS Tiap Bulannya, Ini Jenis dan Cara Menghitungnya

2 Ekor Sapi Limosin dengan Bobot 1 Ton Asal Banyumas Diduga Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku

Selasa, 17 Mei 2022 | 23:46 WIB
header img
Petugas memeriksa kesehatan sapi limosin berbobot 1 ton di Desa Tegalsembadra, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu. (Foto: Andrian Supendi)

INDRAMAYU, iNews.id - Dokter hewan dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Indramayu menemukan dua ekor sapi limosin dengan berat kurang lebih 1 ton suspek atau diduga terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) saat melakukan pemeriksaan di Desa Tegalsembadra, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Selasa (17/5/2022).

Sampel pemeriksaan dari kedua sapi tersebut pun sudah dikirim ke Balai Veteriner Subang untuk lebih memastikan kondisi kesehatannya.

Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner DKPP Kabupaten Indramayu drh Dian Daju mengatakan, untuk saat ini, sapi tersebut sudah diisolasi agar penyebaran PMK tidak meluas.

"Sapi kami isolasi, kandangnya juga kita lakukan disinfeksi, dan kesehatan sapi pun terus kami pantau melalui dokter hewan," kata dia didampingi Kepala UPTD Rumah Potong Hewan drh Arundhina Girishanta kepada MNC Portal Indonesia (MPI), di ruang kerjanya, Selasa (17/5/2022).

Drh Dian Daju menyampaikan, dari hasil penelusuran, sapi tersebut berasal dari luar daerah Indramayu, yakni didatangkan oleh pedagang hewan dari wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut