get app
inews
Aa Read Next : Aksi Boikot Grebeg Syawal Keraton Kasepuhan, Patih Goemelar : Sudah Tidak Perlu Dipermasalahkan

Dewan Kelungguhan Kubu Lukman, Sesalkan Penggembokan Makam Sunan Gunung Jati

Rabu, 11 Mei 2022 | 12:24 WIB
header img
Dewan Kelungguhan Kraton Kasepuhan E Ardi Kusuma (Foto : Istimewa)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Dewan Kelungguhan Keraton Kasepuhan kubu Lukman Zulkaedin, E Ardi Kusuma, menyesalkan aksi penggembokan pintu gerbang yang menuju makam Sunan Gunung Jati pada kegiatan grebeg Syawal yang dilakukan oleh kubu Lukman Zulkaedin, Rabu (11/5/2022).

E Ardi Kusuma, adanya penggembokan pintu itu merupakan upaya sabotase terhadap kegiatan adat tradisi yang selama ini terus dilaksanakan oleh pihak Keraton Kasepuhan.

"Saya mendapat kabar kalau kegiatan grebeg syawal yang dilaksanakan oleh Keraton Kasepuhan yang dipimpin oleh Patih sepuh Pangeran Raja Goemelar Soeriadiningrat, ada sedikit masalah yakni pihak keluarga tidak bisa masuk ke dalam kompleks pemakaman Sunan Gunung Jati," ujar Ardi, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler nya.

Ardi mengaku prihatin dengan kondisi ini, dimana pihak Keraton Kasepuhan yang tengah manjalankan adat tradisi yang sudah turun temurun dilakukan oleh keluarga Keraton Kasepuhan, justru dihalang-halangi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Dirinya menduga sabotase terhadap tradisi grebeg syawal Keraton Kasepuhan ini imbas dari perebutan kekuasaan yang terjadi di Keraton Kasepuhan.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut