get app
inews
Aa Read Next : Dinar Candy Dijerat Kasus Aksi Pornografi, Siap Disidangkan

8 Persyaratan Wajib Dipatuhi Jika Ingin ke Mal dan Bioskop

Selasa, 21 September 2021 | 01:24 WIB
header img
Persyaratan masuk mal harus laksanakan Prokes secara ketat (Foto : Forbes)

JAKARTA, iNews.id - Seiring dengan semakin membaiknya penanganan pada kasus Covid-19 yang berakibat turunnya angka kejadian akibat Covid-19 maka Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan terkait PPKM yang berlaku di Jawa dan Bali.

Level PPKM di berbagai daerah di Indonesia mulai diturunkan, dan sejumlah destinasi wisata dibuka bertahap termasuk mal dan bioskop kini sudah mulai beroperasi kembali.

Namun, sebelum memasuki mal atau bioskop, pengunjung harus mempersiapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Hal ini  bertujuan agar pengunjung tetap aman dan nyaman.

"Pembukaan bioskop telah diberlakukan, namun disertai dengan beberapa syarat. Misalnya, kapasitas maksimal 50 persen pada kota-kota (yang menerapkan PPKM) Level 3 dan Level 2. Kemudian penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam Weekly Press Briefing secara virtual Senin (30/9/21).

Lantas, apa saja persyaratan sebelum Anda masuk ke mal atau bioskop? Berikut ulasannya:

1. Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi PeduliLindungi diwajibkan bagi Anda yang ingin memasuki mal dan bioskop. Hal ini guna membantu pemantauan atau tracing, jika Anda berada di kawasan rawan tertular Covid-19.

Caranya, download aplikasi PeduliLindungi di store masing-masing handphone. Setelah itu registrasi, maka data Anda akan terbaca semua, mulai dari sertifikat vaksin, hingga pemantauan lokasi yang saat ini sedang dikunjungi.

Nah sebelum masuk ke dalam mal atau bioskop, Anda cukup scan barcode yang sudah tersedia untuk login. Setelah selesai masuk, bisa langsung logout, yakni menyatakan Anda sudah tidak berada di dalam.

2. Tetap Pakai Masker

Setiap pengunjung tidak terkecuali siapapun yang datang ke mal wajib menggunakan masker sebagai salah satu alat pelindung diri.

3. Cek Suhu Tubuh

Metika sampai di lobi depan, pintu masuk mal para pengunjung wajib diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas dengan menggunakan thermo gun.

4. Jaga Kebersihan Tangan

Para pengunjung mal harus memastikan kedua tangannya selalu steril. Salah satunya dengan menggunakan hand sanitizer saat masuk di pintu depan mal.

5. Hindari Keramaian

Jaga alur masuk dan keluar, hindari berdesakan atau keramaian dengan orang lain.

6. Jaga Jarak

Setiap pengunjung mal wajib untuk selalu menjaga jarak dalam situasi apa pun. Baik itu saat berkeliling toko melihat-lihat barang ataupun saat berada di dalam lift dengan pengunjung lain.

7. Minimalisasi Transaksi Tunai

Sebisa mungkin hindari kontak fisik dengan para pegawai mal, termasuk kasir saat melakukan transaksi. Maka dari itu agar aman, sebaiknya ketika berbelanja di mal Anda sudah menyiapkan alat pembayaran digital. Pembayaran hanya tinggal memindai kode barcode dari ponsel.

8. Disiplin

Tips terakhir, setiap orang diimbau untuk disiplin melakukan protokol pencegahan virus corona. Contohnya, perilaku hidup sehat dengan rajin mencuci tangan pakai air dan sabun selama minimal 20 detik.

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut