get app
inews
Aa Read Next : Masya Alloh, Alquran Masih Utuh saat Kebakaran Hanguskan 2 Rumah di Kolaka Timur Viral

Berikut Keutamaan Membaca Al Quran di Bulan Ramadan, Simak Penjelasannya

Kamis, 07 April 2022 | 13:31 WIB
header img
Ustadz Syahirul Alim (Foto: Tangkapan Layar/Riant Subekti)

KOTA CIREBON, iNews.id - Bulan suci ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim, karena pada bulan ini mempunyai banyak sekali keberkahan. Pada bulan Ramadan ini, umat Islam akan berlomba-lomba dalam kebaikan, ada banyak cara untuk mendapatkan kebaikan salah satunya adalah membaca Alquran (Tadarusan).

Berikut kajian islam dari Ustadz Syahirul Alim mengutip kanal Youtube Cirebon On Air tentang keutamaan membaca Alquran di bulan Ramadan, bulan Ramadan adalah bulan yang mulia dan banyak berkahnya. Setiap muslim pasti sering mendengar bahwa bulan Ramadan adalah bulannya Al-Quran. 

Karena memang sangat banyak sekali dalil yang menunjukkan hal ini. Allah Ta’ala berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” QS. (Al Baqarah : 185).

Sedangkan keutamaan membaca Al-Quran sangat banyak dijelaskan, salah satunya adalah Sabda Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa salam,
مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ
“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” ( HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469).

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut