get app
inews
Aa Read Next : 12 Pemimpin Negara dengan Masa Jabatan Terlama, Nomor 11 Ada Presiden Indonesia

2 Putri Presiden Rusia Vladimir Putin yang Jauh dari Sorotan Media, Ini Profilnya

Rabu, 09 Maret 2022 | 19:02 WIB
header img
Mariya Vladimirovna Putina (kiri) dan Yekaterina Vladimirovna Putina (kanan) (Foto: twitter/vizaca)

MOSKOW, iNewsd.id - Usai serangan militer terhadap Ukraina yang digencarkannya bulan lalu, sosok Presiden Rusia Vladimir Putin kian menuai sorotan dari publik. Kehidupan pribadinya memang menarik untuk diulas media. Saat ini, Putin dikabarkan sudah memiliki kekasih bernama Alina Kabaeva dan 4 anak yang dirahasiakan. Tapi, jauh sebelum itu, dia sudah pernah menikah dengan Lyudmila Aleksandrovna Ocheretnaya dan kemudian bercerai pada 2014. 

Dari pernikahannya dengan Lyudmila, Putin dikaruniai dua orang putri bernama Mariya Putina dan Katerina Putina. Berikut ini adalah profil kedua putri Putin. 

1. Mariya Putina 

Mariya Vladimirovna Putina atau dikenal sebagai Masha Putina, lahir pada 28 April 1985 di Leningrad (sekarang St. Petersburg), Rusia. Putri sulung Vladimir Putin ini merupakan ahli endokrinologi anak. Saat ini, Mariya menjadi peneliti medis di Voolschoten, desa di South Holland, Moskow. 

Ia tinggal bersama suaminya, Jorrit Faassen, dan anak mereka. Dilansir dari berbagai sumber, Mariya dan adik perempuannya, Katerina, menghabiskan masa kecil di tanah kelahirannya di St Petersburg sampai tahun 1996, sebelum akhirnya pindah ke Moskow mengikuti pekerjaan sang ayah. 

Mariya sempat mengenyam pendidikan di sekolah menengah berbahasa Jerman yang ada di Moskow. Lalu setelah Putin diangkat menjadi Presiden Rusia, untuk beberapa alasan, Putin menjauhkan kedua putrinya dari sorotan media. Informasinya ditutup dan dirahasiakan. Bahkan, Mariya menggunakan nama samaran “Vorontsov” selama berkuliah. 

Mariya pertama kali berkuliah di Universitas Negeri St Petersburg, namun masih menjadi pertanyaan apakah dia mengambil studi Biologi atau Ekonomi Internasional. Setelah lulus dari St Petersburg, Mariya melanjutkan studinya dengan mengambil kedokteran di Universitas Negeri Moskow pada 2011. 

Mariya adalah kandidat PhD di Pusat Penelitian Endokrinologi Moskow, yang dipimpin Ivan Ivanovich Dedov. Dedov adalah seorang pakar akademik dan medis sekaligus kepala Akademi Ilmu Kedokteran Rusia. Sekitar tahun 2013 dan 2015, Mariya juga terlibat dalam berbagai studi kasus dan menulis buku tentang pengerdilan idiopatik pada anak-anak. Titel sebagai putri presiden tentu tidak mudah bagi Mariya. 

Dia dan suaminya pernah dilibatkan dalam demonstrasi warga karena tindakan Putin pada insiden penembakan Malaysia Airlines MH17 pada tahun 2014. 

2. Katerina Putina 

Publik mengenalnya sebagai Katerina Tikhonova, tapi sebenarnya dia bernama asli Yekaterina Vladimirovna Putina. Katerina adalah putri bungsu Vladimir Putin yang tidak kalah cerdas dari kakaknya, Mariya Putina. Dilansir dari The Washington Post, Katerina disebut sebagai wakil direktur di Institut Penelitian Matematika Sistem Kompleks di Universitas Negeri Moskow. 

Dia juga penulis buku teks matematika dan enam karya ilmiah sejak tahun 2011. Selain sebagai peneliti, Katerina juga terkenal sebagai penari rock’n’roll akrobatik dan telah memenangkan berbagai kejuaraan dunia. 
Sama seperti Mariya, identitas Katerina juga ditutupi dari media. Berdasarkan beberapa sumber, Katerina menyelesaikan gelar sarjananya pada studi Oriental di Universitas Negeri St Petersburg, lalu melanjutkan studi di departemen Matematika di Universitas Negeri Moskow. 

Katerina diketahui pernah menikah dengan Kirill Shamalov, seorang pengusaha muda yang merupakan putra salah satu pengusaha bank, Nikolay Shamalov. Pernikahan tersebut diselenggarakan di Igora, resor ski utara St. Petersburg pada Februari 2013. 

Sayangnya, hubungan keduanya tidak berlangsung lama. Katerina dan Kirill bercerai pada Januari 2018. 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut