get app
inews
Aa Read Next : Polsek Gempol Gencarkan Cooling System di Ponpes Jabal Rahmah Demi Kondusifitas Pilkada Cirebon 2024

Program PISEW 2024 Dua Desa di Cirebon Dapat Manfaat, Tingkatkan Sosial Ekonomi Wilayah

Selasa, 22 Oktober 2024 | 20:03 WIB
header img
Dua Desa di Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon mendapatkan manfaat dari program PISEW tahun 2024 berupa jalan rabat beton. Foto : Riant Subekti.

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Melalui Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) yang bertujuan meningkatkan infrastruktur dengan pendekatan partisipasi masyarakat dalam skala kawasan, guna meningkatkan sosial ekonomi wilayah, Pemerintah Desa Babadan bersama Desa Buyut Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menerima bantuan melalui program PISEW 2024.

Yang mana pada pelaksanaan aturannya diberikan untuk dua desa yang berdampingan dengan tujuan untuk meningkatkan konektivitas antar desa. 

Adapun pelaksanaan dari program bantuan tersebut dikerjakan oleh Kelompok Kerjasama Antar Desa (KKAD), yang pembentukannya sudah di sepakati bersama dengan sistem penerapan Padat Karya Tunai (PKT) dengan melibatkan pekerja warga setempat.

Untuk Desa Babadan sendiri dalam pelaksanaan pembangunannya berupa rabat beton jalan di wilayah lingkungan atau kampung desa, pelaksanaannya sebagai desa utama. Dan untuk Desa Buyut pelaksanaan pembangunannya juga berupa rabat beton cor dengan pelaksanaan sebagai desa penyangga

Langkah ini diwujudkan semuanya untuk pembangunan sarana dan prasarana guna perluasan infrastruktur wilayah lingkungan serta sektor pertanian. Sebagaimana yang diungkapkan Sucipto selaku Ketua KKAD. 

Menurutnya, dari manfaat yang ada terkait pembangunan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kelancaran transportasi untuk mempermudah aktivitas masyarakat terutama petani sekitar.

 “Pembangunan rabat beton jalan ini memang sudah 100 % kita laksanakan, dengan panjang 400 meter lebih dengan ketebalan 15 meter dan lebar 3 meter . Hal ini semaksimal mungkin dilakukan pembangunannya guna menjaga struktur tanah agar tidak bergeser, tetap stabil dan kokoh, “ucapnya, Selasa (22/10/2024). 

“Karena program ini padat karya pengerjaannya pun di laksanakan oleh KKAD (Kelompok Kerjasama Antar Desa). Yang semuanya melibatkan sebagian warga Desa Babadan dan Desa Buyut, karena menimbang manfaat azasnya lebih tinggi“ imbuhnya.

Di sisi lain Kepala Desa Babadan, Kuwu Hanto memberikan ungkapan terimakasih,atas pembangunan program pisew ini. Dan juga kepada pihak-pihak terkait yang telah memberikan bantuan dan perhatian dalam bentuk pembangunan infrastruktur di sektor pertanian.

“Mudah-mudahan dari bantuan program ini, bisa membawa manfaat dan membantu masyarakat petani dalam hal transportasi penghubung dua desa bisa lancar. Dan juga bisa memberikan kontribusi melalui konsep pemberdayaan di dalam partisipasi masyarakat nantinya, “pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut