get app
inews
Aa Read Next : Curhatan TKW Asal Karawang Menjadi Korban Perdagangan Manusia di Turki

Ukraina Minta Bantuan Turki, Desak Akses Laut Hitam Ditutup agar Kapal Perang Rusia Tak Bisa Menyera

Kamis, 24 Februari 2022 | 19:23 WIB
header img
Ukraina meminta bantuan Turki jika perang negaranya dengan Rusia (Foto: Ist)

ANGKARA, iNews.id - Ukraina meminta bantuan Turki jika perang negaranya dengan Rusia tak terelakkan. Duta Besar Ukraina untuk Turki Vasyl Bodnar meminta agar akses perairan di Laut Hitam yang menuju Ukraina ditutup sehingga kapal-kapal perang Rusia tak bisa melintas. Bodnar mengatakan keberadaan kapal perang Rusia di dekat perbatasan Ukraina bisa menimbulkan bahaya besar. Jika akses tak ditutup bisa meningkatkan konsentrasi armada dan pasukan Angkatan Laut Rusia di Laut Hitam. 

"Kami yakin, dalam kasus invasi militer yang luas atau dimulainya aktivitas militer melawan Ukraina, ketika perang menjadi bukan hanya de facto tapi de jure, kami akan meminta Pemerintah Turki untuk mempertimbangkan kemungkinan menutup selat Laut Hitam bagi negara agresor," katanya, dikutip dari Reuters, Rabu (23/2/2022). 

Di bawah Konvensi Montreux 1936, Turki memiliki kendali atas Selat Bosphorus dan Dardanelles yang menghubungkan Laut Mediterania dan Laut Hitam. Kondisi ini menjadi keuntungan bagi Turki untuk mengatur perlintasan kapal perang serta menutup selat bagi kapal asing selama masa perang. 

"Kami mengusulkan sejumlah inisiatif, mulai dari metode konsultasi antara kami, hingga membuat mekanisme reaksi bersama terhadap ancaman keamanan di kawasan," kata Bodnar, seraya menambahkan, Ukraina masih yakin ada solusi diplomatik untuk menghindari perang. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut