get app
inews
Aa Read Next : Gempa Bantul Magnitudo 6,4, Guncangannya Dirasakan Warga Cirebon

Kisah Sultan HB IX yang Merakyat:  Warga Tak Kenal Nyuruh Angkat Beras, Bikin Pedagan Pasar Pingsan

Rabu, 16 Februari 2022 | 08:07 WIB
header img
Sultan Hamengku Buwono IX.(Foto:Ist)

Begitu selesai, penjual beras itu lantas merogoh kemben usangnya dan mengeluarkan uang lembaran dan disodorkan ke Sri Sultan. Lelaki ramah itu tersenyum dan menggelengkan kepala. 

Disikapi seperti itu, alih-alih berterimakasih, sang penjual beras malah ngomel-ngomel, dikiranya “sang sopir” tidak mau menerima “ongkos” karena jumlah uangnya yang kurang. 

Dengan sabar, Sri Sultan mengatakan,” Pun boten sisah, Mbakyu.” Artinya: tidak usah bayar, Mbak. Tanpa banyak bicara, dia lantas memacu Land Rover-nya ke arah keraton. 

Kendaraan Sri Sultan sudah berlalu, namun perempuan itu tetap saja mengomel.  Tanpa disadarinya sudah lama prilakunya disaksikan banyak orang yang ada di sekitarnya. 

Seorang polisi lantas menghampiri penjual beras itu dan memberitahu jika “sopir” yang baru diomelinya itu adalah Ngarsa Dalem. 

Bukan main kagetnya penjual beras itu. Bahkan saking kagetnya, dia lantas terhuyung-huyung dan jatuh pingsan hingga dilarikan ke RS Bethesda. Kejadian tersebut disaksikan langsung oleh SK Trimurti, istri dari Sayuti Melik, pengetik naskah proklamasi.

Perempuan yang merupakan mantan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia itu menceritakan kejadian tersebut berlangsung pada 1946, ketika pemerintah Republik Indonesia pindah ke Yogyakarta. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut